20180411

Water Decal Tips & Trick

Water decal untuk detailing plastik model merupakan pilihan yang terbaik dibandingkan dengan decal & sticker lainnya. Karena Water decal sangat tipis sehingga setelah model kit diberi top coat, decalnya akan menyatu serta tidak terlalu jelas perbedaan antara permukaan model kit dengan decalnya. Sementara decal biasa (Seperti yang ada RG, MG Gundam) & sticker metalic (biasa didapatkan dari HG Gundam) terlalu tebal, sehingga tidak mampu memberikan hasil sebaik water decal. 

Untuk mendapatkan hasil water decal yang baik untuk berbagai jenis model kit seperti gundam, otomotif, kendaraan perang, kapal, pesawat, dll tidak bisa dicapai hanya dengan menggunakan air saja. Sebab jika hanya menggunakan air saja kadang water decal ternyata tidak menempel setelah kering. Bisa karena pengaruh banyak faktor, seperti umur decal yang sudah tua, penyimpanan decal yang salah, kualitas water decal, permukaan model kit yang kurang bersih semua ini sangat mempengaruhi kekuatan lekat water decal. Karenanya baik dari Tamiya & MR Hobby mengeluarkan produk untuk membantu masalah ini.

Pertama dari Mr Hobby ada Mr. Mark Setter & Mr. Mark Softer. Kedua produk ini sifatnya adalah saling melengkapi. Mr Mark Setter berfungsi meningkatkan daya lekat & sedikit melembutkan decal agar dapat melekat lebih kuat pada permukaan model kit yang melengkung & tidak rata. Sekaligus membuat decal mudah digeser untuk menepatkan posisinya pada model kit. Cara penggunaan Mr Mark Setter dengan diberikan pada permukaan model kit sebelum water decal diletakkan. Selanjutnya jika water decal menempel diatas panel line atau permukaan dengan sudut yang tajam misalkan siku-siku perlu dibantu dengan Mr Mark Softer. Cara pakainya dengan diberikan diatas decalnya. Baik Mr Mark Setter maupun Mr Mark Softer setelah decal berada diposisi yang dikehendaki gunakan ujung tissue untuk mengambil sisa cairan yang ada. Karena kedua cairan ini jika dibiarkan dalam jumlah yang terlalu  banyak dalam waktu lama dapat berpengaruh terhadap warna water decalnya. Untuk finishing agar lebih awet tetap perlu top coat.

Berikutnya dari Tamiya, saat ini hanya ada 2 produk yaitu Tamiya Mark Fit & Tamiya Mark Fit Strong yang keduanya ekuivalen dengan Mr. Mark Setter dari Mr. Hobby. Fungsi & cara penggunaannya sama persis dengan Mr Mark Setter. Mark Fit & Mark Fit Strong berbeda kekuatan adhesivenya. Namun untuk Tamiya ini dapat membuat permukaan paint model kit menjadi matte. Dan untuk yang Mark Fit Strong dapat melunturkan cat acrylic. Jadi produk dari Tamiya ini kurang cocok jika kita menginginkan glossy finish pada model kit. 

Dalam waktu dekat ini Tamiya akan mengeluarkan produk baru juga untuk decal solution, yaitu Tamiya Decal Adhesive (item no. 87193). Dari keterangannya kemungkinan produk baru ini adalah memiliki pelembut lebih banyak daripada Tamiya mark Fit. Sehingga hasilnya dapat seperti menggunakan Mr. Mark Softer. Saat ini produk ini belum keluar sehingga tidak dapat diketahui bagaimana hasilnya.

Bagi Boys Never Grown Up, produk dari Mr Hobby yaitu Mr Mark Setter & Mr Mark Softer solusi yang lebih pas untuk water decal model kit karena dapat digunakan untuk finishing glossy maupun matte.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...