20190405

Fun Facts Mobile Suit Gundam


Mobile Suit Gundam tepat pada 7 April 2019 akan merayakan ulang tahunnya yang ke-40 tahun. Anime mecha yang menjadi kesukaan kita ini tentu memiliki sejumlah fakta yang bahkan kurang diketahui oleh penggemarnya. Mau tahu apa saja fun fact dari Mobile Suit Gundam yang jarang diketahui.



  1. Rx-78-2 sebagai mecha utama dalam serial animasi ini terinspirasi dari desain armor tentara jepang kuno. Terutama dari desain kepala yang memiliki tanduk dan bagian pipi juga sangat mengingatkan akan topi tentara yang biasa digunakan oleh Samurai pada jaman dulu.

  2. RX-78-2 pada awalnya diciptakan dengan desain yang full putih, tentunya berbeda dengan color scheme yang kita kenal sekarang yaitu putih-merah-biru-kuning. Namun karena pihak produsen tetap beranggapan bahwa serial animasi adalah untuk anak-anak, maka tokoh mecha utama haruslah colorful. Sedangkan pihak sutradara menginginkan ini menjadi serial animasi mecha untuk dewasa. Konsep gundam yang sepenuhnya putih ini akhirnya terwujud pada Gundam Unicorn yang muncul 31 tahun kemudian tepatnya pada 2010 lalu.
  3. Serial animasi Mobile Suit Gundam sempat terhenti karena rating yang jelek. Sebenarnya yang menyebabkan rating menjadi rendah adalah karena sedari awal Yoshiyuki Tomino merancang mobile suit gundam ini untuk penonton dewasa. Dengan lebih menekankan pada sisi story dan konflik peperangan dimana kedua sisi merasa sebagai pihak yang benar. Sangat berbeda dengan serial animasi mecha lain pada jaman tersebut yang lebih menekankan pada aksi laga dan batas yang jelas antara protagonist dan antagonist. Peletakan jam tayang Mobile Suit Gundam pada jam animasi anak adalah penyebab ratingnya menjadi sangat buruk. Kemudian atas desakan para fans serial ini kemudian tayang hingga selesai. Dan kemudian ditayangkan kembali dengan versi editing baru sehingga lebih menarik untuk anak-anak. Mobile Suit Gundam pada 1979 tersebut adalah anime mecha pertama yang langsung mendapatkan banyak penggemar dewasa. Sementara mecha lain yang muncul pada tahun 70an kebanyakan masih digemari oleh anak-anak, sedangkan orang Jepang dewasa lebih menggemari karakter mecha dari masa kecil mereka yang muncul pada era 50-60 an.
  4. Lisence merchandise & toys Gundam awalnya dimiliki oleh Clover. Pada mulanya mainan Gundam mirip dengan Chogokin berupa metal diecast. Dengan tentu saja sejumlah gimmick yang tidak sesuai dengan serial animasinya namun lebih mirip gimmick pada mainan super robot yang sangat kanak-kanak. Mainan ini sangat rare, akibat jumlahnya yang tidak banyak, terutama yang utuh hingga hari ini. Kemudian setelah itu baru keluar Gunpla model kit pada 1980 oleh Bandai. Hampir semua mecha pada animasi mobile suit gundam ini keluar model kitnya pada era 80an. Kualitasnya tentu berbeda dengan saat ini. Tidak ada separasi warna pada runner, tidak ada poly cap, dan semua haruslah direkatkan menggunakan plastic cement.
  5. Amuro seharusnya mati dalam Mobile Suit Gundam. Pada konsep originalnya Mobile Suit Gundam ini selain menggunakan mecha yang full putih, juga memiliki cerita yang jauh lebih kelam. Berdasarkan konsep aslinya seharusnya Amuro Ray mati dalam pertengahan cerita, dan kemudian posisinya digantikan oleh Char Aznable. Saat Char mengendalikan Gundam, RX-78-2 tersebut berganti warna merah. Kemudian setelah Char berhasil menguasai Zeon, Char kembali menjadi musuh dari EFFS. Original story ini tentu sangat menarik dan lebih memilik plot twist. Namun untungnya cerita ini tidak menjadi cerita final dari Mobile Suit Gundam. Meski cerita ini menarik, namun implikasinya adalah tidak akan ada Mobile Suit Zeta & Char's Counter Attack, serta rivalitas yang legendaris antara Amuro & Char.
Kelima Fun Facts diatas tentu tidak jarang diketahui oleh penggemar Gundam saat ini. Terutama oleh Generasi yang baru mengenal Gundam setelah Seed atau 00. Di Indonesia sendiri dari generasi 80-an sebenarnya banyak yang baru menjadi penggemar Gundam setelah era Gundam Wing. Karena generasi 80-an ini seperti halnya anak-anak di Jepang saat mereka kecil tentu lebih memilih menonton anime super robot seperti Getter Robo, Mazinger, Grendazer, dll yang lebih penuh aksi dibandingkan dengan Mobile Suit Gundam yang kadang dalam 1 episode bisa tanpa ada adegan laga peperangan antar robot. Namun juga tidak sedikit akhirnya yang kemudian setelah mengenal Gundam entah akibat Gundam Wing, Seed, ataupun 00 yang kemudian mencari animasi Gundam dari 79-90an awal dan akhirnya juga menyukai Mobile Suit Gundam UC079.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...