20180227

Tips Membuat Sticker Team Tamiya Mini Yonku


Lomba tamiya baik untuk kategori apapun biasanya diikuti oleh team, meski tetap ada yang mengikutinya secara perorangan. Namun lebih banyak diikuti oleh team. Setiap team tentunya memiliki ciri khas sendiri berupa logo team. Biasanya disablon di kaos team, dibordir ke jaket atau vest, berupa sticker yang ditempel ke tool box, dll. Kemudian logo team juga ditempel ke body Mini Yonku. 


Tips pertama dalam membuat sticker logo Team ke mini yonku paling penting adalah bahan yang dipilih. Untuk membuat sticker ke mini yonku ada banyak pilihan bahan yang bisa digunakan, seperti sticker hvs, sticker inkjet, sticker photo paper, cutting sticker vinyl, bontax, dll. Beberapa bahan dapat dicetak sendiri dengan printer inkjet rumahan, namun ada bahan yang tidak dapat dicetak sendiri seperti sticker bontax. Sedangkan untuk cutting sticker juga biasanya membutuhkan jasa khusus. 

Dalam artikel ini kita hanya membahas bahan yang dapat dicetak sendiri dengan printer rumahan standart. Untuk kualitas cetak paling bawah adalah sticker dengan bahan HVS, warnanya tidak bisa tajam serta tidak tahan air. Sticker HVS tidak akan memberikan hasil yang kita harapkan. Berikutnya adalah sticker berbahan kertas inkjet, sticker ini lebih baik daripada bahan HVS. Warna sudah tercetak dengan tajam & sudah water resistant belum waterproof. Berikutnya adalah dengan bahan photo paper, dengan bahan ini warnanya jelas tampil sangat glossy & cerah serta sudah waterproof. permasalahan dengan kertas sticker photo paper hampir sama dengan bahan kertas inkjet & HVS, yaitu saat perlu dilepas akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Berikutnya yang terbaik untuk bahan sticker yang dapat dicetak dengan printer inkjet adalah SUN Vinyl Sticker dari SUN Indonesia. Berbeda dengan sticker berbahan vinyl lainnya yang memerlukan printer dengan tinta khusus, SUN Vinyl Sticker ini dapat dicetak dengan tinta standart printer inkjet. Setahu kami, ini adalah satu-satunya sticker bahan vinyl yang dapat langsung dicetak dengan tinta dye. Jadi printer tidak perlu dimodifikasi. Hasil cetaknya sedikit matte dengan warna yang bagus, detail tajam, sudah waterproof & tear proof, sangat tipis sehingga applikasi mudah sekali, & serta paling penting saat dilepas tidak meninggalkan bekas. Menurut kami kertas ini adalah pilihan yang terbaik untuk membuat logo team sendiri pada body mini yonku.

Tips berikutnya adalah membuat desain sticker di komputer. Untuk membuat sticker ini langkah yang perlu pertama kali diperlukan adalah scan sticker asli yang disediakan tamiya didalam setiap boxnya. Jangan di foto ya guys, meski foto lebih praktis. Tetapi kita perlu scan untuk mendapatkan acuan ukuran yang lebih akurat  dalam membuat stickernya. Jika difoto tentunya ukurannya tidak dapat digunakan sebagai acuan. Selanjutnya trace outline dari sticker asli menggunakan program pengolah gambar digital seperti photoshop, illustrator, gimp, corel, inkscape, dll. Setelah selesai membuat trace outline dari sticker asli, kita bebas berkreasi untuk membuat decal sendiri yang sesuai dengan karakter team kita nih guys.

Oke selamat berkreasi untuk membuat mobil mini yonku teammu semakin mencolok.


Untuk lebih jelasnya mengenai SUN Vinyl Sticker dapat membaca di website resmi mereka. Dan buat yang penasaran dimana kami membeli sticker vinylnya bisa langsung ke link ini


No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...