20180123

Review tinta SUN PIGMENT PRO Ink untuk membuat custom water decal.


Untuk modifikasi plastik model kit (plamo) salah satunya caranya adalah dengan menggunakan custom decal. Penggunaan decal yang berbeda dapat mengubah tampilan akhir dari plamo lebih keren baik untuk model kendaraan perang seperti tank, model pesawat, bahkan untuk gunpla. Boys Never Grown Up selama ini suka sekali membuat custom decal untuk membuat kesan yang berbeda pada plamo. Selain ingin memberikan kesan berbeda, kadang decal yang bawahan box kurang akurat atau tidak disertai water decal, atau kadang memang sekedar ingin membuat decal yang benar-benar berbeda dan baru. Selama ini Boys selalu mengunakan SUN Water Slide Decal dengan tinta dye Revo Smart Ink yang juga dari SUN Indonesia. Hasilnya bagus sesuai ekspetasi kami.


Namun karena tinta dye tidak waterproof sehingga sebelum water decal ini dipakai dan dicelupkan ke air harus ditopcoat dulu dengan aerosol paint clear. Dengan proses toap coat ini jika ketebalannya tepat akan memberikan hasil waterproof & bagus sekali hasil akhirnya. Namun Jika terlalu tipis, bisa jadi ada bagian yang tidak waterproof & luntur saat dicelup. Sebaliknya jika proses top coat ini terlalu tebal, water decalnya jadi tampak tebal saat dipasang di plamo.

Meski selama ini custom decal selalu kami buat untuk penggunaan pribadi, akhirnya boys putuskan untuk investasi 1 unit printer hanya untuk cetak decal dengan menggunakan tinta khusus yaitu SUN PIGMENT PRO Ink. Tinta ini merupakan tinta pigment yang hasil cetaknya sudah langsung waterproof. Dengan keunggulan ini berarti proses top coat sebelum decal dipakai bisa dihilangkan. Dengan hasil yang sudah waterproof & tanpa top coat memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada saat kami menggunakan tinta dye & memberikan lapisan top coat terlebih dahulu. Dengan tanpa proses top coat hasil decalnya benar-benar tipis sekali. Dan hasil akhirnya tidak tampak batasan antara plamo dengan decalnya.


Keunggulan lain saat membuat custom decal dengan menggunakan tinta PIGMENT PRO Ink yang kami rasakan adalah dapat memberikan hasil yang lebih detail untuk bagian-bagian yang kecil. Jika selama ini boys never grown up menggunakan tinta dye, karena karakter water decal yang termasuk lambat dalam proses keringnya. Sehingga untuk detail yang kecil tampak sedikit blur. Pada tinta Pigment Pro ini hasilnya lebih tegas & jauh lebih detail. Tintanyapun mengering lebih cepat.


Keunggulan lain tinta Pigment Pro yang belum kami buktikan sendiri, karena kami baru menggunakannya dalam 2 minggu sebelum menulis review ini. keunggulan tersebut adalah daya tahan yang jauh lebih kuat terhadap sinar UV. Akibatnya tentu decal lebih awet & tidak mudah memudar mungkin setelah cukup lama menggunakan tinta ini kami akan kembali membuat review untuk ketahanan warna water decal yang dicetak menggunakan tinta Pigment Pro ini.

Kesimpulan kami adalah tinta Pigment Pro ini pasangan sempurna untuk SUN Water Slide Decal. Jika anda seorang hobbies yang hardcore seperti kami, investasi ini sangat memuaskan sekali. Atau jika anda melihat peluang sisi bisnisnya dengan membuat jasa custom slide decal juga sangat menguntungkan asal memang anda penghobi yang rajin di komunitas plamo.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...