20180702

Nasib Dragon Momoko Sudah Ditetapkan

Setelah beberapa bulan lalu kepolisian China menggerebek pabrik Dragon Momoko yang dikenal dikalangan para builder gunpla sebagai bootleg dengan kualitas terbaik. Akhirnya nasib dari CEO Dragon Momoko sudah ditetapkan oleh pengadilan. CEO sekaligus pemilik Dragon Momoko ini dikenakan penjara 3,5 Tahun dengan denda  RMB 1.900.000,- atau jika di-Rupiahkan menjadi sekitar 4,1 Milyar Rupiah. Dengan ini berarti sudah berakhirlah nasib Dragon Momoko.





Tanggapan para builder tentu beragam banyak yang merupakan penggemar produk DM menyayangkan keputusan ini. Namun pelanggaran hak cipta tetaplah pelanggaran. Bukan hanya sekedar mengganti sejumlah detail dan membuat runner sendiri. Hukum perlindungan hak cipta mencakup lebih luas daripada itu. Dan perlu diingat pada hal ini Bandai bukanlah penjahatnya, karena Bandai adalah pemegang copyright untuk semua produk Gundam.

Kemudian banyak pula yang mengeluh bahwa kualitas DM lebih bagus daripada Bandai. Tentu saja ini arguable sekali. Sebab secara kualitas plastik, cetakan, & snap fit tetap lebih baik Bandai. DM hanya memiliki detail yang lebih dari pada Bandai. Dan itu tidak bisa dibilang sebagai kualitas yang lebih baik. Kualitas itu lebih kearah Build Quality. Detail yang ditawarkan DM memang banyak disukai terutama dikalangan Straight Builder, namun bagi Modeller detail DM terlalu berlebihan sehingga menyulitkan untuk custom. Sesungguhnya detail yang ditawarkan Bandai adalah yang paling pas karena dapat mengakomodir baik para builder maupun modeller.

Adapula yang menyayangkan karena dengan ditutupnya DM yang kemungkinan sebentar lagi semua pabrikan bootleg bahwa mereka bisa jadi tidak memiliki Mobile Suit Favorit mereka yang muncul mungkin dari versi novel, games, atau comic serta penggemarnya tergolong "niche". Bandai memang cukup lambat mengeluarkan model kit untuk MS yang penggemarnya tidak terlalu besar. Semua menunggu keputusan bisnis dari petinggi Bandai. Namun jika memang ini adalah konsen kalian, yang terbaik adalah bukan beralih pada bootleg, namun "speak up"-lah. Misal dengan membuat petisi kepada Bandai dengan mengumpulkan banyak dukungan dari builder lainnya, bisa juga saat bandai membuat angket mengenai MS manakah yang berikutnya akan diangkat menjadi MG isilah angket tersebut agar MS favoritmu bisa diangkat menjadi next phase project Bandai.

Yang pasti dengan dijatuhkannya Vonis ini akan menjadi pintu masuk perlindungan hukum bagi produk-produk yang memiliki copyright untuk menghukum para copycat alias bootleg yang selama ini berlindung di China.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...