20180812

My Thought about Premium Bandai & Gundam Limited


Banyak yang berkata bahwa premium bandai itu mahal. Namun benarkah Premium bandai & juga limited yang lain itu mahal dari Bandainya????

Tidak premium bandai & juga item limited lainnya rata-rata memiliki harga yang wajar dari Bandai. Yang membuat harga mereka menjadi mahal adalah para middleman alias reseller. Karena sistem penjualannya yang berbeda dengan gundam reguler release sehingga membuat harganya menjadi jauh lebih tinggi pada reseller. Premium Bandai & Item limited lainnya sebenarnya melalui distribusi khusus langsung dari Bandai ke kita para konsumen. Namun sayangnya dalam jumlah yang limited serta dalam ruang lingkup yang terbatas. 


Seperti pada kasus premium bandai misalkan, Premium Bandai atau yang lebih sering disebut P-bandai ini tidak dijual worldwide. Hanya dijual untuk negara-negara tertentu saja seperti Jepang, Hong Kong, Singapore, USA, & Taiwan. Jadi untuk konsumen yang diluar negara-negara tersebut haruslah membelinya melalui middle man. Disinilah yang membuat harga menjadi mahal, karena ada biaya untuk jasa. Selain itu yang membuat harga jual P-Bandai menjadi lebih mahal seperti di negara kita Indonesia adalah karena telah melalui berbagai tangan sebelum sampai ke Indonesia.

Kemudian berbeda dengan Gundam Reguler yang pihak reseller di negara kita bisa mendapatkan harga discount untuk retail saat kulak dari Jepang maupun Hong Kong. Misalkan sebuah gundam harga resmi ¥5000, harga untuk reseller pembelian grosir bisa jadi mendapatkan sehingga hanya ¥2500-3000 per itemnya sehingga saat terkena cukai, ongkir, dll tetap dapat dijual kembali dengan harga ¥5000 dengan kurs 135-140 di Indonesia. Pada P-Bandai  saja tangan pertama alias jastip di negara tempat p-bandai dijual sudah membelinya dengan harga resmi. Dari tangan pertama ke tangan kedua tentunya tangan pertama sudah UP harga. Dan ini masih berpindah tangan beberapa kali sebelum sampai ke reseller langgananmu. Hal inilah yang kemudian membuat harga P-Bandai mahal di Indonesia. Namun untuk harga aslinya sebenarnya harga P-Bandai itu tidaklah terpaut jauh dari harga regulernya.

Untuk item limited yang lain juga berlaku hal yang sama, misalkan produk Gundam Base Limited. Harga awalnya saja sudah harga resmi + 8% Japan Tax. Jadi dari harga awal saja sudah tidak murah karena tidak ada harga grosir. Kemudian reseller Indonesia juga kebanyakan masih menggunakan jasa middleman untuk kulak produk-produk ini sehingga masih ada tambahan jasa, kemudian masih terkena ongkos kirim dari Jepang ke Indonesia, cukai, SNI, dll. 

Jadi jika ada yang bilang P-Bandai & Gundam Limited lainnya seperti barang dari Gundam Base Tokyo, Gundam Expo, & Gundam Dock itu mahal. Yang membuat mahal bukanlah Bandai, namun para middleman agar kamu bisa membeli produk tersebut di Indonesialah yang membuatnya menjadi mahal.

Meski lebih mahal beberapa item tersebut layak dikoleksi, terutama untuk kit yang special finish, clear, atau yang ketambahan part karena tidak dapat dibuat sendiri dengan custom. Oke di bulan Agustus 2018 ini muncul beberapa item limited berikut ini 

  • HGBD Gundam 00 Diver (Dive Into Dimension Clear) [event]
  • HGBD Gundam 00 Diver Ace (Special Coating) [event]
  • HGBD Momokapool Ver Zaishin [event]
  • MG Sazabi Ver.Ka (GDHK III Limited) [event]
  • MG Nu Gundam Ver.Ka (GDHK III Limited) [event]
  • RG Gundam Base Limited Unicorn Gundam Gold Coating [Gundam Base Tokyo]
  • HG GM Sniper Gundam [P-Bandai]
  • HGUC Gundam Ground Type (Parachute Pack Specification) [P-Bandai]
  • MG Anavel Gato's Gelgog Ver2.0 [P-Bandai]
  • MG Gundam Avalanche Exia Dash [P-Bandai Japan, Worldwide Reguler]

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...