20171121

Marketing Out Of The Box ala Sun Indonesia

Mendekati akhir tahun, mall sering mengadakan event yang menarik agar masyarakat berkunjung ke mall. Akhir pekan lalu salah seorang writer dari Boys Never Grown Up menghabiskan akhir pekannya di sebuah mall di Surabaya. Didalam mall tersebut sedang diadakan sebuah event artisan market yang menghadirkan tentunya aneka kuliner & aneka booth termasuk booth toys. Namun yang menarik perhatian Boys Never Grown Up justru bukanlah booth  toys dalam event ini. Yang sangat menarik perhatian kami adalah booth dari printing supplies yang biasa kami gunakan untuk mencetak water decal untuk custom model kit, yaitu booth dari SUN Indonesia.


Boys never grown up sama sekali tidak menyangka akan hadirnya booth sebuah printing supplies di tengah-tengah acara semacam ini, yang biasanya lebih menyasar untuk produk keluarga seperti kuliner, kemudian fashion, & toys (biasanya didominasi produk toys bootleg). Luar biasanya adalah SUN Indonesia mampu masuk ke dalam event ini dan tetap menarik bagi para keluarga. Benar-benar mendobrak pakem bahwa produsen printing supplies semacam SUN Indonesia ini hanya cocok untuk event pameran komputer saja.



Hadir dengan booth warna-warni yang dihiasi balon berwarna tentunya sangat menarik bagi anak-anak untuk mendekat & juga ada event lomba berhadiah lego yang melibatkan ibu & anak. Strategi ini sangat cerdas sekali, sementara ibu & anak sedang berlomba bapak-bapaknya bisa dikenalkan dengan produk tinta & kertasnya. Strategi yang sangat out of the box dengan memanfaatkan event yang tidak biasa. Sepulang dari mall tersebut kami jadi semakin melek akan pentingnya untuk berpikir Out Of The Box dalam Marketing & memperluas market.


Sesekali-kali meski ini adalah blog yang khusus untuk serba-serbi toys yang biasa digandrungi orang dewasa seperti Gunpla, Airsoft, RC race, Aeromodelling, dll kita perlu membahas sedikit tentang marketing & situasi pasar yang terus berubah seperti sekarang ini. Tentunya ini untuk memastikan bahwa hobby kita dapat terus jalan. Semoga artikel ini menginspirasi kita dalam marketing agar jangan terlalu terkotak oleh pakem-pakem marketing tradisional & berani menggebrak dengan inovasi-inovasi strategi yang unik tetapi sangat efektif seperti yang dicontohkan oleh SUN Indonesia ini.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...