20180201

Why Bootleg GunPla is Not For Beginner

Ada satu email yang masuk ke redaksi Boys Never Grown Up yang menurut kami perlu dijawab melalui artikel. Dari email tersebut inti pertanyaannya adalah "Untuk pemula banget yang memulai hobby gunpla sebaiknya langsung Bandai atau bootleg dulu?".

MG Avalanche Exia - Daban

Oke Jawaban kami berdasarkan pengalaman merakit gunpla adalah mulailah dari Bandai dulu. Jika dianggap mahal menabunglah dahulu atau mulailah dari HG yang tentunya lebih murah dibandingkan grade yang lain (RG, MG, PG). Jangan langsung memulai hobby ini dari bootleg. Belajarlah mulai dari produk Bandai terlebih dahulu. Produk Bootleg tidak hanya secara quality lebih inferior dari Bandai, kesulitan dalam merakitnya lebih menyulitkan dari pada produk Bandai. Jika Anda tergiur harga murah Bootleg tunggulah saat sudah lancar dengan produk Bandai. Kumpulkan dulu setidaknya skill dasar seorang builder.

Berikut adalah 3 alasan utama mengapa bootleg gunpla tidak untuk pemula.

  1. Buku petunjuk pada gunpla bootleg seperti daban, hongli, effect wing, hobby star, (alm) dragon momoko tidaklah sejelas buku petunjuk pada produk bandai. Selain tidak ada langkah yang jelas, kadang ada langkah yang tidak tergambar. Yang paling sering adalah gambar pada buku petunjuk tersebut skalanya berubah-ubah. Sementara Bandai pada bukunya selalu konsisten, sehingga builder tidak kebingungan saat merakit meski hanya ada bahasa jepang saja (produk 2017 keatas sudah tersedia bahasa inggris).
  2. Meski bootleg untuk undergate lebih murah hati dibanding Bandai. Namun proses merapikan kit ini jauh lebih menyita waktu daripada produk bandai. Jika pada bandai kita hanya perlu merapikan sisa runner (nub mark), Pada bootleg meski nub mark lebih tersembungi karena undergate, proses merapikan kit bootleg lebih susah karena banyak hasil cetakan plastik yang tidak pas sambungannya. Ada plastik yang melobor, atau yang sering terjadi pada titik pertemuan antara molding itu tidak pas sehingga perlu kerja keras dalam mengamplasnya.
  3. Snapfit parah sekali. Jika pada Bandai kita hanya perlu mengurangi peg jika butuh untuk membongkar kembali saat proses repaint dan tidak perlu melakukannya jika ingin hanya straight build. Pada Bootleg kita wajib mengurangi peg dengan amplas atau bahkan langsung di trim menggunakan cutting pen. Itupun masih keras untuk memasang antar bagian. Istilah para gunpla builder adalah "siksa jari".
Jika setidaknya sudah build Gunpla beberapa kali, sehingga memiliki skill dasar untuk merakit gunpla. Barulah silahkan untuk mencoba bootleg yang dapat menjadi tantangan tersendiri. Yang menarik dari bootleg selain harganya yang murah. Bootleg itu sangat murah hati untuk water decal, detail line juga biasanya lebih detail dari pada bandai. Lalu alasan utama bagi para builder karena Bootleg memproduksi gundam yang versi bandainya belum ada.

Happy Building Gunpla Builder.

No comments:

Post a Comment

Pergeseran Penggemar Gundam

Selama era 80-an hingga saat ini Gundam selalu identik dengan Gunpla. Yaitu plastik model kit yang harus dirakit terlebih dahulu. Gun...