20181226

RG Full Armor Unicorn Gundam, Is it worth???


RG Unicorn bisa dikatakan adalah yang terlaris dari seri RG, pertama kali diluncurkan oleh bandai sejak agustus 2017 lalu. Dan dari semua grade gunpla Unicorn Gundam, versi RG adalah yang paling perfect dari banyak hal mulai dari artikulasi, transformable, & rigid. Tidak ada grade lain Unicorn Gundam yang se-perfect versi RG-nya. Sebagai contoh untuk versi HG tidak dapat transform, versi MG meski bisa transform namun artikulasi sangat parah, sedangkan versi PGnya untuk transformasi & artikulasi memang sudah sangat bagus, namun sangat ringkih. Versi PG beberapa part mudah sekali patah saat proses transform ataupun mempose. Sedangkan versi RG adalah yang paling sedikit masalahnya dibandingkan grade yang lain untuk Unicorn Gundam. Bahkan RG Unicorn ini tidak memiliki masalah yang biasa dimiliki oleh RG pada umumnya, yaitu ada part yang mudah terlepas saat mempose. Semua part terpasang dengan baik & secure.


Karena versi RG ini adalah yang paling sedikit masalah, karenanya RG Unicorn menjadi favorit para penggemar Unicorn Gundam. Akibatnya tentu saja ini adalah RG yang paling di"milking" oleh bandai. Tercatat sejak 2017 aja sudah keluar berbagai macam RG Unicorn Gundam. Seperti Reguler Box, Premium Box, Limited Gundam Base Tokyo, Limited Gundam Base Tokyo Lighting Mode, Limited Gundam Base Tokyo Gold Coating, Limited Bluray Box Set Perfectibility Unicorn Gundam, Bandee Dessine Ver. Belum termasuk RG Full Armor Unicorn Gundam saja sudah ada 7 macam RG Unicorn yang sudah dikeluarkan oleh bandai. Jika termasuk Full Armor maka sudah ada 8 macam varian RG & jika kita juga menghitung Banshee yang merupakan unit 02 dari RX-0 maka totalnya menjadi 11 varian RG dari unicorn. Dan ini termasuk sangat banyak mengingat RG ini baru rilis kurang lebih 16 bulan.

Nah jika kita sudah membeli RG Unicorn versi yang lain apakah worh it untuk juga membeli RG Full Armor Unicorn Gundam ini???? Menurut Boys Never Grown Up, RG ini sangat layak untuk dibeli, bahkan termasuk wajib beli. Alasan pertama dengan RG Full Armor ini untuk pertama kalinya kita bisa mendapatkan psycho frame hijau yang dibutuhkan untuk membuat versi final battle dari Unicorn Gundam. Dari alasan pertama saja ini saja sudah membuat RG Full Armor Unicorn Gundam ini sangat layak untuk dibeli.




Alasan kedua adalah part full armornya adalah new mold bukan sekedar dari versi HG yang ditambahkan kedalam Box RG, seperti pada P-Bandai RG Strike IWSP yang part IWSPnya menggunakan dari versi HG. Jadi semua part full armor adalah part baru yang memang diciptakan khusus RG. Untuk detail tentu sangat jauh dengan versi HG-nya. Bagi yang sudah pernah memodifikasi HG Full Armor yang dipasangkan ke RG tentu paham bahwa konektor dari full armor ke backpack haruslah dimodifikasi, terjadi perbedaan ukuran yang membuat konektor HG haruslah dirubah. Belum lagi untuk Hand Grenade yang dipasangkan pada kaki itu juga harus dimodifikasi karena bentuk HG-nya sangat berbeda dengan kaki unicorn versi RG. Untuk perbedaan sekilasnya dapat dilihat pada  gambar dari buku perakitannya berikut ini. 




Kesimpulannya dilihat harganya yang hanya ¥5.832 atau jika dirupiahkan akan sekitar 700 ribu rupiah tentu saja RG Full Armor Unicorn Gundam ini sangat layak dibeli.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...