20170629

Review : RG Sinanju

Sinanju yang merupakan salah satu mobile suit yang ada dalam OVA Unicorn Gundam, telah muncul dalam berbagai grade Gunpla mulai dari SD, HG, MG, dan yang terakhir muncul pada agustus tahun lalu adalah versi RG nya. Setelah menghabiskan waktu hampir 1 tahun di rak penyimpanan redaksi Boys Never Grown Up, akhirnya RG ini selesai juga dirakit. 

Seperti halnya merakit RG yang lain, RG Sinanju ini sangat mengasyikkan dan menantang dengan banyak sekali part yang kecil dan detail. Dan meski ini dalam skala 1:144 namun hasilnya cukup besar karena tinggi ukuran MS Sinanju adalah 22 meter lebih tinggi dari pada unit lainnya yang biasanya memiliki tinggi adalah 16-18 meter, jadi setelah diskalakan dalam 1:144 hasilnya pun cukup besar. Bahkan tidak terkesan kecil saat dipasangkan dengan Action Base 1 yang sebenarnya lebih diperuntukkan untuk 1:100.

RG Sinanju ini termasuk RG dengan Sticker yang tidak terlalu banyak seperti RG pada umumnya. Yang dimana selalu memasang stickernya lebih melelahkan daripada merakit gunplanya. Namun part dari RG Sinanju ini sangat banyak sekali dan sangat detail untuk ukuran 1:144. Jadi merakitnya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Yang menjadikan Gunpla ini memiliki nilai super positif bahkan dibandingkan dengan versi MG-nya adalah part bagian emas sudah merupakan part emas coating yang bagus, Sementara versi MG nya adalah sticker, atau bagi sebagian orang akan mengecat emas bagian tersebut. Pada Versi RG part emas tersebut sudah dalam part terpisah dan sudah tercoating emas. Dengan bagian yang terpisah antara part hitam dan part emas akan menambahkan kesan yang detail daripada versi MG-nya yang menjadi 1 part dan bagian emasnya perlu disticker atau dicoloring sendiri.

Untuk Artikulasi RG Sinanju tidak menawarkan artikulasi yang luar biasa, bahkan termasuk biasa saja. Namun sebagai gantinya adalah memiliki banyak sekali gimmick moving part yang menunjukkan thruster-thruster dan bagian yang bisa dibuka. Lalu bagian mata yang bisa digerakkan, Light Saber yang bisa muncul dari lengan, grenade launcher pada shield, double axes, dll menjadikan RG Sinanju ini super keren dan sangat layak untuk dimiliki.


Kesimpulannya adalah :
Detail 8/10

Artikulasi 5.5/10
Gimmick Feature 8,3/10
Fun Rate 7,8/10

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...