20180312

Tips & Trick Cetak Custom Slide Decal

Custom Build Gunpla merupakan passion tersendiri bagi seorang builder gunpla. Membuat Gunpla yang hanya satu-satunya dengan sentuhan personal merupakan suatu tahapan terakhir seorang gunpla builder. Semua tentunya dimulai dari tahapan build sesuai buku, kemudian meningkat panel lining, kemudian naik lagi ke tahap repaint, & yang terakhir mulai custom build. Tentunya jika membicarakan custom build itu meliputi custom paint, kit bash (menggabungkan part dari kit gundam lain), scratch build (membangun part dari nol menggunakan plaplate, epoxy putty, dll), & custom decal.

Untuk custom decal sendiri banyak yang mengandalkan decal dari Bandai, DL Model, dll. Namun kadang custom decal buatan pabrik ini tidak cukup mengakomodir keinginan kita dalam membuat gunpla yang benar-benar personal. Seperti membuat logo sendiri, dll. Tentunya tidak dapat diakomodir oleh decal yang dibuat pabrikan. Kita bisa saja mengorder ke jasa cetak decal lokal khusus untuk gunpla, namun kekurangannya kita harus masuk kedalam antrian, belum lagi pengiriman yang memakan waktu beberapa hari & bila gagal dalam pemasangan harus memesan lagi yang tentunya harus menunggu kembali.

Jika bisa mengoperasikan program graphic design & memiliki printer sendiri dirumah, akan lebih seru jika custom decal tersebut dikerjakan sendiri. Tidak terlalu susah meski ada batasan tentunya dalam membuat sendiri karena printer rumahan tidak memiliki tinta putih. Sehingga jika menginginkan warna putih harus memiliki water decal dengan warna putih & selanjutnya sangat tergantung kemampuan cutting kita menggunakan art knife.

Oke langsung saja untuk membuat custom decal sendiri, berikut adalah list yang kita perlukan :
  • Komputer yang sudah terinstall program komputer grafis seperti photoshop, gimp, illustrator, corel draw, atau inkscape. Kami sarankan illustrator, core draw, dan inkscape, ketiga software ini adalah berbasis vector. Sehingga kita dapat membuat gambar logo dengan ukuran lebih besar dan kemudian diperkecil tanpa kendala jika kemudian ingin dibesarkan kembali. Dan hasil cetak terutama dari corel draw biasanya lebih sharp daripada program lainnya. Dan ini penting untuk cetak decal yang berukuran kecil-kecil.
  • Printer. Printer dapat menggunakan tinta standart printer. Atau untuk hasil yang lebih maksimal, seperti printer yang Boys Never Grown Up miliki. Printer kami sudah dimodifikasi dengan menggunakan tinta Pigment Pro dari SUN Indonesia. Keunggulan tinta pigment dibandingkan tinta standart printer adalah daya tahan cetaknya yang jauh lebih lama pigment. Kemudian water decal tidak perlu ditop coat sebelum direndam & pasang. Jika menggunakan tinta standard printer harus ditop coat dahulu dengan clear spray can atau lacquer clear menggunakan air brush.
  • Printable Water Decal. Boys Never Grown Up sekali lagi memilih menggunakan Water Slide Decal dari SUN Indonesia yang sudah kami coba memiliki daya lekat yang baik. Tersedia dalam varian opaque & white. decal Opaque cocok untuk decal dengan part dasar warna putih atau warna terang lainnya. Decal White cocok untuk part dasar berwarna gelap. Untuk menggunakn decal white memerlukan tangan yang stabil untuk cuttingnya. Atau jika memliki mesin cutting sticker sangat membantu proses cutting.
  • Art Knife & Cutting Mat. Keduanya ini penting untuk proses Cutting.
  • Hairdryer. Penting untuk membuat decal cepat kering
  • Cotton Bud, tissue & Pinset. Untuk pinset sebaiknya pinset plastik agar tidak menggores decal serta gunpla partnya. Cotton bud untuk membantu memposisikan decal sesuai posisi yang diinginkan.
  • Mr Setter & Mr Softer dari Mr Hobby untuk membantu memasang decal. 

Untuk prosesnya cukup mudah, dimulai dari membuat desainnya di komputer. Setelah itu atur semua decal dalam bidang cetak seefektif mungking. Cetak dengan menggunakan setting kertas "photo paper" dengan kualitas high atau super fine tergantung istilah di printermu. Hasil cetaknya kemudian biarkan kering, bisa dibiarkan mengering secara alami atau dipercepat menggunakan hairdryer. Jika tanpa hairdryer bisa mencapai 1 jam. Dengan hairdryer cukup 1-3 menit saja dengan setting panas paling rendah atau menengah. Jangan menggunakan setting paling panas, decalnya dapat retak-retak jika menggunakan setting terpanas.

Langkah selanjutnya adalah ditop coat dengan clear bisa menggunakan spray can maupun airbrush. Jika menggunakan tinta pigment, langkah ini dapat dilewati. Sehingga hasil decalnya dapat lebih tipis. Kemudian decal dipotong sesuai kebutuhan. Karena ini tidak seperti decal precut buatan pabrik. Potonglah mendekati ukuran decal yang sebenarnya. Berikutnya seperti halnya decal pabrikan, decal direndam hingga bagian decalnya dapat digeser. Untuk memudahkan pemasangan dan membuat lebih melekat dapat dibantu dengan menggunakan mr setter. Jika decal berada diatas panel line agar decal dapat masuk ke panel line dapat menggunakan mr softer. Setelah itu gunakan tissue untuk menghilangkan sisa air, mr setter, & mt. softer. Langkah terakhir adalah dengan memberikan top coat agar decal lebih awet.

Tips untuk decak yang kecil sekali agar memudahkan, tidak perlu direndam. Cukup basahi  cotton bud dan biarkan decalnya disana sampai bisa digeser.

Oke demikian tips untuk Cetak Custom Decal. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan gunpla builder yang ingin membuat decal sendiri.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...