20180528

Toys Hunt di Hong Kong Part 1

Hong Kong yang mungkin adalah kota dengan biaya hidup termahal ke-4 di dunia, namun bagi pecinta mainan, Hong Kong bisa dibilang adalah surga yang sangat luar biasa. Mau pencinta Lego, Gunpla, Action Figure atau Radio Control, Hong Kong benar-benar adalah surga dunia. Bukan hanya karena pilihan yang banyak sekali baik dari yang terbaru hingga yang super rare dapat ditemukan di Hong Kong namun juga harganya bisa didapatkan dengan jauh lebih murah dari belahan bumi manapun.

Menjelajahi Hong Kong untuk mencari mainan itu semudah menjelajahi Hong Kong untuk mencari kuliner nikmat. Banyak sekali spot-spot untuk mencari mainan baik yang termasuk reguler release maupun limited release. Hampir semua toko di Hong Kong memiliki harga yang jauh di bawah harga di Indonesia. Namun ada beberapa toko yang memiliki harga yang sangat ekstrim hingga 35% dibawah harga resminya. Untungnya lagi toko-toko tersebut meski tersebar namun masih berada dalam 1 distrik yaitu Mong Kok. Tersebar dari daerah MTR Sham Shui Po hingga MTR Jordan. 



Jadi jika anda sedang berlibur ke Hong Kong sempatkan untuk menjelajahi daerah Mong Kok. Untuk mencapai daerah ini dapat dengan menaiki Tsuen Wan line dan turun antara di Jordan atau Sham Shui Po. Tergantung apakah mainan yang anda cari. Jika mencari Gundam/Gunpla adalah lebih baik jika turun di Sham Shui Po lalu baru bergerak ke selatan hingga ke daerah Yau Ma Tei. Jika Yang dicari adalah Lego, pilihan paling pas adalah turun di Jordan lalu bergerak ke utara hingga Mong Kok. Jika anda suka RC Turun di MTR Yau Ma Tei adalah pilihan yang paling pas. Bagi penggemar Action Figure yang terbaik adalah turun di MTR Yau Ma Tei kemudian menyusuri hingga area MTR Mong Kok.


Oke Pertama adalah untuk hunting Gunpla, terbagi untuk reguler item & limited item. Pertama adalah untuk reguler item adalah dengan turun ke MTR Sham Shui Po akan mendapatkan dua pilihan toko yaitu Fook Le & Hobby Land. Keduanya terletak berdekatan dengan MRT Sham Shui Po dan untuk barang reguler kedua toko ini memiliki harga yang benar-benar murah. Fook le terletak sebelah timur laut dari MRT Sham Shui Po. Sementara Hobby Land terletak di tenggara MRT Sham Shui Po. Mencari Fook Le lebih mudah karena di google maps tertulis dalam huruf latin. Sementara mencari Hobby Land lebih susah karena di google maps tertulis dalam huruf mandarin. Hobby Land terletak di 99 Cheung Sha Wan Road. Sementara Fook Le terletak di  66A Un Chau Street. Dari segi ukuran dan jumlah item Fook Le lebih banyak dari Hobby Land, namun untuk harganya keduanya cukup bersaing. Kadang ada yang lebih murah Fook Le, namun ada yang lebih murah Hobby Land. 




Untuk barang reguler selain Fook Le & Hobby Land masih ada Ying Ming Model / Wise Model yang terletak di 135 & 177 Sai Yee Street. Meski kedua toko ini memiliki nama yang sama dan terletak dijalan yang sama dengan bentuk plang nama yang sama namun keduanya tidak memiliki harga yang sama. Dari pengamatan Boys Never Grown Up harga lebih murah di 135 Sai Yee Street.  Kemudian masih ada 1 toko lagi yang juga menjual barang reguler yaitu sebuah toko di Richmond Shopping Arcade lantai 4. Ketiga toko reguler ini harganya tidak semurah Fook Le & Hobby Land untuk harga kit, namun untuk tool harganya dapat diadu dan kadang lebih murah dari fook le & hobby land. Ying Ming Model & Richmond Shopping Arcade lebih dekat dengan MTR Mong Kok, serta berdekatan dengan MOKO Mall (MTR Mong Kok East).

Sebetulnya untuk toko gundam reguler ada 1 lagi diarea Yau Ma Tei dekat dengan Kwong Wah Hospital, ditengah pertokoan yang khusus menjual keperluan airsoft gun. Toko ini memajang piala GBWC, terdapat juga workshop untuk belajar gunpla & airbrush. Namun harga di toko ini termasuk mahal dibandingkan toko gundam lainnya di Hong Kong baik untuk kit maupun tool.

Di toko gundam yang menjual reguler item ini juga menjual berbagai peralatan dengan harga yang beberapa lebih murah daripada di Indonesia namun beberapa juga hampir sama seperti GodHand SPH 120 memiliki harga yang mirip seperti di Indonesia. Namun untuk produk-produk dari GSI-Creos harga di Hong Kong lebih murah. Sayang sekali meski cat lebih murah di Hong Kong, namun sayang cat termasuk barang yang tidak boleh dibawah dalam penerbangan.



Berikutnya untuk Gunpla Limited ini tersebar dalam lokasi yang berbeda. Pertama di In's Point dekat dengan MTR Yau Ma Tei. Sebuah bangungan 3 lantai yang lantai 2 & 3 dipenuhi dengan toko mainan berbagai jenis. Pada lantai 2, terdapat 2 toko gundam yang khusus menjual barang limited saja. Jika mencari barang entah itu Premium Bandai, Gundam Expo, Limited event, atau apapun kemungkinan bisa mendapatkannya di In's Point ini. Selain itu berjarak kurang lebih 500 meter ke utara dari In'S Point anda akan menemukan Sino Centre yang juga mirip seperti In's Point. Sino Centre memiliki lantai yang lebih banyak daripada In'S point. Dan di Sino Centre ini juga sama seperti di In's Point terdapat 2 toko gundam yang khusus menjual barang limited. Harga di kedua tempat ini (In's Point & Sino Centre) hampir mirip namun barangnya saling melengkapi. Jadi kedua komplek pertokoan ini wajib untuk dikunjungi saat ke Hong Kong untuk mencari gundam limited. Harganya tentu saja lebih murah daripada harga pasaran di Indonesia dan lebih lengkap. Jangan ketempat ini pagi-pagi. Waktu terbaik adalah antara pukul 4 sore hingga pukul 7 waktu Hong Kong. Jangan terlalu malam karena pada pukul 8 sudah banyak toko yang mulai tutup.

Khusus untuk toko yang menjual gundam limited hanya khusus menjual kit saja. Anda tidak akan menemukan tool, decal, cat atau apapun di toko tersebut. Dan di toko gundam reguler diatas juga menjual gundam limited namun tidak sebanyak dan selengkap toko yang khusus menjual barang limited.

Untuk mainan lain akan terbagi dalam part berbeda. 

2 comments:

  1. B O L A V I T A Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola Terpercaya

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    ReplyDelete

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...