20160429

Review : Tokyo Marui MP7 A1 GBB

MP7 A1 merupakan PDW (Personal Defensive Weapon) produksi Heckler & Koch German dengan ukuran kecil namun fire power yang mematikan untuk ukuran machine pistol. Merupakan kompetitor langsung dari FN P90 yang sangat populer di pasar PDW.  MP7A1 yang asli memiliki 3 karakter yaitu fire power dengan caliber submachine gun, jangkauan tembak assault rifle, dan ukuran kecil yang sangat pas untuk CQB. Lalu bagaimana dengan versi airsoft-nya???

Tokyo Marui (TM) yang merupakan produsen asal jepang yang terkenal dengan produknya yang presisi dengan kualitas superior termasuk salah satu dari sekian banyak produsen airsoft yang memproduksi MP7A1. Sebelumnya TM telah mengeluarkan MP7A1 versi Automatic Electric Pistol (AEP) yang cukup populer. Baru kemudian TM mengeluarkan versi Gas Blow Back dari MP7A1.


Versi GBB dari MP7A1 sangat diminati sebagai main weapon para CQB player yang ingin seperti tampil seperti U.S. Navy Seal atau tampil seperti James Bond. Juga sangat diminati sebagai secondary weapon para sniper.

Unboxing & First Impresion TM MP7A1
TM MP7A1 seperti halnya produk TM yang lain selalu memiliki build quality yang superior. Memiliki kemasan yang kokoh dengan gambar produk pada cover. Didalamnya terdapat 1 unit TM MP7A1 GBB, 1 magazine, 1 plastik kecil BB, 1 silencer adapter, 1 safety cap, 1 cleaning rod, & user manual.

Hal pertama yang dirasakan dari airsoft ini adalah beratnya yang pas sekali untuk bermain CQB, terasa solid dan kokoh dengan build quality produk yang langsung terasa saat dilihat dan dipegang. Replika dari TM ini termasuk yang paling mendekati aslinya. Setiap material yang digunakan mirip dengan asilnya, jadi semua bagian yang seharusnya metal seperti rail tetap menggunakan metal, dan semua bagian yang menggunakan polymer tetap menggunakan polymer, benar-benar dibuat mendekati HK MP7A1. Dengan finishing black matte yang menambah kesan realistic. Semua part terasa kokoh dan tidak ada yang goyang terutama pada moving part seperti front grip. Juga terdapat marking "HK MP7 A1" pada kedua sisi pistol grip.

Firing Test
Sesuai ciri khas dari MP7 A1 yang asli, versi Airsoftnya juga menawarkan fitur yang serupa untuk memudahkan pengoperasian dengan tangan kanan maupun kiri. Karena fire mode selector, bolt release, & magazine release terletak pada kedua sisi. Untuk pilihan mode selector menggunakan marking yang sama dengan aslinya.

Posisi pengaturan hop up yang tersembunyi
Untuk mengatur hop up dari TM MP7 A1 ini dengan menarik trigger kearah depan, sehingga shell ejection port akan terbuka dan menampilkan hop up system. Selanjutnya dapat diputar untuk mengatur posisi hop upnya. Cara ini termasuk sangat mudah jika dibandingkan dengan kompetitor lain yang membutuhkan alat khusus untuk mengatur hop-upnya.

Charging lever terletak pada bagian belakang dan terbuat dari plastik. Sedikit mengkwatirkan apakah akan mudah patah setelah sering digunakan? Nampaknya harus menunggu waktu untuk dapat menjawabnya. Sementara itu sebaiknya dipercayakan pada build quality dari TM yang selama ini terkenal bagus.
Shoulder stock dapat ditarik dengan 3 posisi yang menjamin kenyamanan penggunaan untuk berbagai postur tubuh yang berbeda.

marking pada TM MP7A1
Magazine terbuat dari metal, beratnya sedikit menganggu balance dari unit ini. Dengan isi maksimal adalah 40 BB. Marking pada magazine ini akurat seperti versi aslinya dengan marking logo "HK" pada bagian bawah, didekat pengisian gas. Proses pengisian magazine tergolong susah jika tidak dibantu alat bb loader.

Setelah magazine diisi dan bolt lever dikokang, langsung mencoba ditembakkan. Efek blowback sangat terasa solid dan tendangannya terasa sekali, baik untuk posisi single semi auto maupun full auto. Untuk pengisian penuh dapat digunakan untuk full round 40 bb dengan lancar. Terutama dengan iklim tropis seperti di Indonesia, sehingga efek negatif dari green gas yang menyusut pada cuaca dingin tidak menganggu. Hasil Chrono dengan menggunakan gas merk guarder adalah rata-rata sekitar 340fps dengan ROF sekitar 15 bb/s. Hasil yang cukup lumayan untuk bermain CQB.

Performance dari TM MP7 A1 terasa sangat solid dan dengan setting hop up yang pas dapat menghasilkan akurasi yang tinggi dan stabil. Dari percobaan untuk menembak target dengan jarak 10 meter menggunakan mode full auto terlihat groupingnya termasuk bagus dan sempit. Disini kembali TM menunjukkan kualitasnya dengan blowback yang solid namun akurasi tembakan tetap superior.

Kesimpulan
TM MP7A1 merupakan airsoft yang solid dengan blowback action yang keras, build quality yang baik, akurasi yang tinggi. Berat dan ukurannya sangat ideal untuk CQB. Terdapat sejumlah marking yang cukup akurat sesuai aslinya. Meski ada keluhan di sejumlah forum, nozzle-nya mudah pecah. Untungnya unit baru yang kami coba dalam testing ini tidak memiliki masalah dengan nozzle. Bisa jadi nozzle pecah tersebut terjadi pada first batch saja. Selain kelemahan pada nozzle yang katanya mudah pecah, unit dari TM ini adalah replika MP7A1 yang paling menarik dibanding merk lainnya.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...