20180406

Satu Lagi Kompetisi Gunpla di Jawa Timur

Jika bulan maret lalu di kota malang diadakan kompetisi gunpla yang berjudul Gundama Challenge 3.0. Kali ini berdasarkan informasi yang Boys Never Grown Up dapatkan dari seorang kolega yang merupakan kolektor Gunpla limited kawakan, bahwa pada bulan Juli nanti akan ada 1 lagi kompetisi Gunpla yang diadakan di Jawa Timur. Kompetisi ini kata kolega kami diadakan oleh toko gundam langganannya. Toko ini katanya sangat lengkap barangnya terutama tools untuk custom dan juga kit gunpla limited, katanya jika cari tools atau kit limited disitu lengkap banget untuk ukuran toko di Surabaya. Kemudian Boys Never Grown Up kepo-in dah tokonya, ternyata toko tersebut berpusat di kota Malang, sedangkan yang di Surabaya adalah cabangnya. Kalau menurut kami yang menarik lagi dari toko ini selain tools untuk custom & gunpla kit limited adalah cat disana sangat lengkap, mau cari laquer, enamel, atau acrylic paint komplit semua ada. 


Oke langsung saja ke kompetisinya. Kompetisi ini bernama "Evolve Gunpla Competition" sesuai nama penyelenggaranya yaitu toko Gundam Evolve. Kompetisi ini terbuka untuk umum, tanpa batas usia. Pendaftaran kompetisi telah dibuka hingga 5 Juli 2018. Sedangkan untuk submit karya pada 12-15 Julit 2018 yang akan dipajang di toko Gundam Evolve tersebut. Untuk pengumumannya pada 22 Juli 2018. Bagi peserta diluar kota, kata pihak panitia juga siap membantu untuk peserta luar kota yang jauh dari Surabaya & Malang. Peserta dapat mengirimkan kit entry mereka. Pihak panitia akan membantu untuk memajangkan pada etalase lomba. Tetapi kalau menurut Boys Never Grown Up tetap enak datang sendiri dan pajang sendiri. Lebih sreg gitu lho.

Ada 3 kategori lomba dalam kompetisi ini, yaitu Straight Build, Repaint Build, & Custom Build. Yang paling berbeda dari Kategori Straight Build jika dibandingkan kompetisi gunpla lainnya. Yuk langsung aja ke aturan dari masing-masing kategori.

CATEGORY RULES
Straight Build
 - Kit standard box
 - Painting max 20% dr keseluruhan kit (misscolour)
 - No detailing, no custom, no diorama
 - Panel lining dan Decal atau stiker bawaan dr box di perbolehkan.
 - Top coat di perbolehkan

Repaint
 - Panel Lining diperbolehkan
 - Decal atau stiker diperbolehkan 
 - No detailing, no custom, no diorama

Custom Build
 - Custom bebas (detailing, custom panel, kitbash, scratchbuild, metal part, decal)
 - Optional part dari official brand only (No Bootleg)
 - Wajib repaint
 - Diorama max ukuran 20x20 
 - Khusus Custom Build : satu entry boleh berisi lebih dari satu gundam

Kemudian yang berbeda lagi adalah boleh melakukan entry lebih dari satu pada kategori yang sama. Kompetisi lain biasanya membatasi 1 nama hanya boleh 1 entry pada sebuah kategori. Kompetisi Gunpla seperti ini menurut Boys Never Grown Up penting sekali bagi para builder. Selain berkompetisi juga dapat meningkatkan skill dan juga membangun relasi. So.. ayo gunpla builder ikutan yuks. Selengkapnya dapat dilihat pada poster diatas.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...