20160308

WE P90 GBB


WE P90 GBB merupakan salah satu produk WE yang masa pengembangannya termasuk lama. Sejak teaser pertama hingga produk tersebut release ada sekitar 5 tahun. Diperkirakan ada sejumlah masalah sehingga pengembangannya menjadi sangat lama, salah satunya yaitu kebocoran pada sistem loading magazine. Namun akhirnya pada oktober 2015 lalu WE sudah melaunchingnya ke pasar. Apakah masalah tersebut masih ada pada produk akhirnya? Mari kita cari tahu.

P90 sendiri merupakan salah satu favorit penulis karena desain, ukuran, & sangat compact sekali, cocok banget buat cqb. FN P90 selama ini telah muncul di berbagai merk sebagai AEG, karenanya saat WE menampilkan teaser pertamanya, wuih seneng banget karena sensasi GBB berbeda banget dengan AEG. Namun setelah ditunggu cukup lama tanpa kabar, sempat pesimis juga produk ini akan diproduksi massal dan dijual. Ternyata penantian berakhir pada oktober 2016 lalu. Dan minggu kemarin sempat mencoba hands on unitnya nih, mencoba milik teman satu team yang WE P90nya baru saja datang.



Sekilas dari eksterior luarnya unit ini sangat gahar. Sesuai dengan aslinya yang hampir secara keseluruhan merupakan plastik polimer menjadikan WE P90 ini sangat ringan, jauh lebih ringan dibandingkan versi AEG. Bagian metal dari WE P90 terletak pada kokang, flash hinder, & rail systemnya saja untuk eksterior dari unit ini. Menjadikan beratnya super ringan dan membuat betah untuk cqb.

Kemudian untuk maintenance juga cukup mudah. Membongkar unit ini untuk perawatan maupun service sangat mudah. Cara membongkarnya mirip asli jadi suatu nilai plus GBB dibandingkan dengan AEG. Selain itu setelan untuk hop up systemnya juga sangat mudah dijangkau. terletak dibawah magazine dengan scroll wheel yang cukup besar dan nyaman untuk menyetel hop up.

Untuk kecepatannya yang dihasilkan sekitar 350fps sudah cukup untuk bermain CQB. Untuk rate of fire juga cukup tinggi, namun untuk para ROF junkies versi AEG tentunya lebih cocok daripada P90 versi GBB. Untuk akurasi tembakan cukup bagus bahkan untuk setting kotak, sudah cukup akurat. setelah setting hop up sedikit akurasi menjadi lebih bagus. Sampai disini semua adalah hal yang baik dari unit ini, pihak WE telah bekerja cukup baik untuk menghantarkan produk ini ke final produknya.


Selanjutnya masalah dimulai, magazine tetap mudah bocor terutama saat loading. Penguncian magazine harus benar2 ditekan agar tidak bocor, dan pengisian magazine harus hati-hati agar tidak bocor. Akibatnya adalah proses reloading tidak bisa cepat. Kadang green gas juga susah turun dari chamber di mag. Masalah pada magazine ini memang sudah lebih baik daripada seperti yang pernah terjadi pada prototipenya. Namun masalah ini masih jauh dari beres. Negatif kedua adalah saat full auto, meski bb sudah habis mekanisme akan terus bekerja, tidak terkunci seperti seharusnya.

Secara keseluruhan WE P90 adalah unit yang keren, ada sisi positif dan negatifnya. apakah sisi positifnya menutupi sisi negatifnya semua kembali ke preference masing-masing. Bagi penulis karena P90 merupakan unit favorit tentunya negatifnya tidak terlalu dipermasalahkan, terutama tidak ada pilihan lain untuk P90 yang GBB selain dari WE. Yang penulis coba ini termasuk dalam first batch production, semoga pada batch selanjutnya masalah ini dapat diselesaikan dengan lebih baik dari WE. 

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...