20160404

Serunya perlombaan Tamiya Mini 4WD kelas STB


Siapa di Indonesia yang tidak kenal dengan permainan mini 4wd yang lebih dikenal sebagai permainan tamiya. Perlombaan mini 4wd di Indonesia telah masuk dan mengalami berbagai pasang surut sejak era awal 90an. Bentuk perlombaanpun telah mengalami berbagai transformasi sejak pertama masuk hingga sekarang. 


Jaman dulu yang paling terkenal adalah lomba kelas speed dengan modifikasi yang nyaris tanpa batas, roda depan langsung menggunakan bearing dan gigi diganti menggunakan gigi langsung 2:1, bemper depan dipotong dan dipasang bemper bikinan sendiri, body tidak wajib dipasang. merupakan kelas yang tercepat dari mini 4wd yang bisa termasuk kelas free for all karena modifikasinya nyaris tanpa batasan, namun perlombaannya monoton karena tidak ada jumping, sloop, highway dll. 

Tamiya kelas Speed.


Diakhir era 90an dan awal 2000an yang mulai populer adalah kelas standart nasional alias kelas standart sloop. Kelas ini mulai membatasi jumlah roller, body wajib  dipasang namun boleh dipotong secara ekstrim, boleh menggunakan asesories buatan sendiri, motor bebas, namun chasis wajib original namun boleh diperkuat dengan epoxy, busa rokok + super glue, dll. Ciri khas dari kelas ini adalah mobil yang cepat, ringan, stabil dan mampu melompat di sloop hingga 10 straight line lalu begitu mendarat segera berbelok. Sama seperti speed kelas ini masih kelas 2wd alias yang bergerak hanya 2 roda saja. Serta masih boleh menggunakan dinamo yang ditune sendiri sehingga speednya sangat kencang, namun gearbox dan gigi gearnya masih wajib original sehingga speednya tidak secepat kelas speed.

Tamiya kelas Standart Sloop

Keduanya saat ini bisa dibilang mulai sepi karena modalnya cukup besar untuk bermain di kelas ini, meski dibeberapa daerah masih ada peminatnya. Yang justru ramai saat ini adalah kelas STB dan STO Sebenarnya kelas STB dan STO mulai berkembang pada era 2000an hampir bersamaan dengan jaman perlombaan standart nasional alias sloop populer. Bahkan awal mulanya standart nasional atau standart sloop muncul berasal dari cikal bakal STO namun karena mendapatkan sponsor dari audley, dan masih sedikitnya importir part racing mini 4wd sehingga spare part yang dipergunakan bebas dan akhirnya menjadi kelas sloop tersebut.

Oke cukup ngomongin masa lalu, sekarang kembali ke saat ini. Yang paling ramai saat ini adalah kelas STB. STB itu apaan sih? STB itu singkatan dari standart box, alias perlombaan ini hanya boleh menggunakan part yang berasal dari apa yang didapatkan dalam box kemasannya. Karena itu kelas ini cukup ramai diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Karena dalam kelas ini anak-anakpun bisa memperoleh kesempatan untuk menang. Selain itu STB adalah kelas perlombaan yang paling murah meriah namun seru.

Tamiya kelas STB

Sejumlah regulasi singkat dari STB
  • Wajib 4WD & keempat ban terpasang pada velg.
  • Wajib menggunakan part yang ada dalam kemasan, tidak boleh menggunakan optional part apapun.
  • Jumlah roller maksimal adalah 3 pasang.
  • Velg & ban tidak boleh dimodifikasi alias dibubut. Untuk pemasangan boleh dibantu double tape. Pada kelas STB murni velg & ban tidak boleh menggunakan dari box lain, untuk yang kelas cross box boleh menggunakan velg & ban dari box berbeda.
  • boddy wajib dipasang, boleh dimodifikasi ringan seperti dilubangi atau dipotong dalam jumlah yang terbatas, yaitu bentuk aslinya harus tetap terliha jelas. Jadi pemotongan secara ekstrim seperti pada kelas sloop dilarang.
  • Motor alias dinamo wajib menggunakan apa yang ada dalam kemasan penjualan tidak boleh menggunakan dinamo upgraded untuk STB murni, untuk STB cross box diperbolehkan menggunakan dinamo upgraded dari tamiya sampai tipe tertentu saja. Dinamo tidak boleh dibuka. Modifikasi yang diperbolehkan hanya membuat lubang untuk menyemprotkan cleanner dan mengecek kondisi brush alias sapit.
  • Semua gear wajib menggunakan gear original box. dilarang menggunakan upgrade optional high speed gear dari tamiya.

Karena regulasi yang super membatasi itulah, kelas STB menjadi kelas perlombaan yang paling ramai dan murah. Karena tidak perlu menghabiskan biaya tambahan untuk spare part. Namun bukan berarti kelas ini tidak ada seninya. Di kelas ini justru pemain harus teliti dan jeli untuk memasang setiap part sehingga benar-benar presisi untuk menghasilkan mini 4wd yang stabil, dan efisien saat cornering. Namun dengan regulasi tersebut juga yang paling adil bagi racer pemula dan anak-anak yang modalnya terbatas.

Yuk ikutan merapat ke sirkuit dan kembali mengenang masa kecil atau mungkin mengenalkan permainan ini kepada anak-anak. Anggap saja melatih penerus generasi dash yonkuro dan let's n Go hehehe

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...