20170620

Review : JJRC Elfie


JJRC merupakan salah satu perusahaan RC asal China yang banyak memproduksi RC multicopter murah namun berkualitas untuk grade toys. Salah satu produk JJRC yang cukup laris saat ini adalah JJRC Elfie (H37) dengan mengambil bentuk desain folding dengan dimensi yang sama dengan Zerotech Dobby. Namun perlu diingat ini adalah kelas Toys. Meski memiliki desain & dimensi yang mirip dengan Dobby, JJRC Elfie tidak memiliki fitur yang sama.


JJRC Elfie adalah multicopter yang sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar menggunakan drone pertama kali. Karena harganya yang murah, sudah dilengkapi altitude hold, sudah bisa FPV (First Person View), tahan banting. Selain itu bagi yang ingin mengontrol DJI Spark atau ZeroTech Dobby sebaiknya mempelajari JJRC Elfie terlebih dahulu, alasannya sederhana karena kedua quadcopter yang lebih mahal tersebut untuk kontrolnya menggunakan smartphone seperti halnya JJRC Elfie. Jadi bagi yang berniat membeli DJI Spark namun tidak terbiasa mengontrol quadcopter sebelumnya, Elfie ini sangat cocok sebagai sarana berlatih.

Oke langsung saja masuk ke review. Pertama adalah ukuran dan portabilitasnya dari Elfie ini sangat portabel karena bisa masuk kedalam kantong celana serta aman untuk masuk kedalam tas. Untuk ukurannya termasuk dalam kelas mini quadcopter. Sehingga mencari lokasi untuk berlatihnya sangatlah mudah. Sebaiknya berlatih di outdoor dengan sedikit angin. Untuk indoor agak sedikit sulit terutama karena proses trimming nyaris mustahil. Team redaksi Boys Never Grown Up tidak berhasil untuk trim JJRC Elfie ini agar bisa hovering ditempat pada lokasi indoor.

Selanjutnya adalah Altitude Hold pada JJRC Elfie ini bekerja cukup baik untuk sebatas toy (Ingat ini adalah mainan bukan quadcopter serius dengan banyak fitur otomatis). Elfie mampu mempertahankan ketinggiannya dengan cukup baik, namun membuat baterai life lebih pendek dibanding dengan tanpa altitude hold. Akan tetapi sangat sulit mengontrol quadcopter ini tanpa altitude hold dengan menggunakan smartphone, hanya cocok untuk pilot yang sudah berpengalaman.

JJRC Elfie sudah dilengkapi dengan Headless Mode yang membantu sekali bagi pilot pemula. Headless mode adalah mode dimana orientasi quadcopter mengikuti orientasi controller. dengan posisi yang sudah dikalibrasi dulu sebelumnya. Fitur lain yang menarik lainnya adalah control menggunakan phone gyroscope untuk mengontrol Elfie. Dengan fitur ini kita dapat membuat Elfie melakukan  "follow me" secara manual.

Untuk kamera, sekali ini adalah toys dengan harga yang murah. Jangan mengharapkan kualitas yang bagus khas DJI. Kamera pada Elfie ini benar-benar seadanya. Kualitasnya hanya cocok untuk latihan FPV saja.

Yang menjadi masalah terbesar dari Elfie adalah Apps untuk kontrolnya kurang stabil, sering nge-crash. Terutama untuk versi androidnya, lebih lancar & stabil pada versi iOs. Pada android untuk sebagian kecil smartphone fitur gyroscope control tidak berjalan. Yang menarik adalah dapat dikoneksikan untuk 2 devices, dengan 1 sebagai VR display dan 1 lagi sebagai remote kontrol.

Kesimpulannya ini adalah toy grade quadcopter yang sangat bagus untuk berlatih sebelum membeli smart Quadcopter yang lebih mahal terutama bagi pilot pemula. Tidak cocok bagi yang mengharapkan aerial photo & video low budget. Kualitas gambarnya benar-benar kelas toys.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...