20170615

Review : Tokyo Marui CQBR BLOCK 1


Tokyo Marui sebagai produsen airsoft terbaik dari jepang, yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dengan akurasi tinggi. Salah satu produk Tokyo Marui yang masuk ke redaksi Boys Never Grown Up adalah CQBR Block 1 yang merupakan GBB yang termasuk baru dari Tokyo Marui. CQBR Block 1 rilis pada 25 November 2016 di Jepang. Namun untuk mendapatkannya di Indonesia cukup sulit. Karena sedikit seller terpercaya yang menjual produk Tokyo Marui di Indonesia, mengingat harga barang-barang Tokyo Marui selalu premium meski permintaan barang Tokyo Marui sebenarnya sangat tinggi. Jadi redaksi sangat beruntung sekali pada akhirnya bisa mendapatkan unit CQBR Block 1 ini.



Oke sebelum masuk ke review, berikut adalah beberapa key specs dari CQBR BLOCK 1
  • Metal Lower & Upper Receiver yang dilapisi dengan cat Cerakote. Cat Cerakote merupakan cat yang digunakan untuk unit rifle sesungguhnya. Jadi finishing warna mattenya adalah sama persis dengan yang asli.
  • 180mm RAS Rail System Handguard
  • 245mm Outer Barrel With 45mm Flash Hider (14mm CCW)
  • Fixed Metal Front Sight and QD Adjustable Rear Sight
  • Polymer Pistol Grip With Non-Slip Texture
  • Polymer Vertical Grip (Bottom screw tighten the grip onto rail )
  • Polymer 6 Position Collapsible Crane Stock With Metal Stock Pipe
  • The 19mm cylinder provides the M4A1 CQBR BLOCK1 a strong and fast blowback recoil
  • Metal housing 35 rounds Loading capacity Gas Magazine
Untuk kelengkapan dalam box terdiri dari :
  • 1 unit airsoft
  • 1 magazine
  • 1 protection cap
  • 1 pack bb
  • 1 cleaning rod
  • 1 magazine feeder tool
  • 1 Crack prevention tool
  • 1 adjustment front sight tool




Untuk cleaning rod & magazine feeder terletak agak tersembunyi didalam box. Terletak di balik tatakan tempat unit airsoft. Jadi anda harus melepas tatakannya dan membaliknya. Untuk crack prevention tool sudah terletak pada reel outer barrel di dekat front hand grip. Jadi jika anda tertarik untuk membeli TM CQBR BLOCK 1 setelah review ini. Jangan panik jika saat membuka box tidak menemukan cleaning rod & magazine feeder.

Crack Prevention untuk mencegah agar body tidak rusak saat dibongkar.
Pertama adalah soal berat dari CQBR BLOCK 1 ini untuk ukuran GBB adalah sangat ringan, jadi untuk bermain lebih lama tidak terlalu melelahkan. Terutama jika dibandingkan dengan GBB merk lainnya. Memiliki distribusi berat yang bagus sehingga memudahkan untuk aim ke sasaran. Dengan distribusi berat yang baik juga akan sangat membantu saat bermain CQB.


Untuk hentakan recoil TM CQBR BLOCK 1 adalah GBB dengan recoil paling keras yang pernah redaksi rasakan. Bahkan lebih keras daripada Inokatsu. Bahkan jika masih ingin recoil lebih keras lagi dapat diganti dengan part upgrade agar recoilnya menjadi lebih keras dengan mengorbankan rate of fire. Namun bagi redaksi recoil dari standardnya sudah keras. Yang luar biasa dari unit ini adalah meski recoilnya sangat keras namun akurasinya jempolan. Tokyo Marui pada unit ini merancang Zet System dan pada beberapa part bergerak juga dilengkapi bearing sehingga meski memiliki hentakan yang keras namun spare partnya akan tetap awet. Namun akibatnya bagian internal dari TM CQBR BLOCK 1 ini tidak mirip dengan aslinya. Berbeda dengan GBB yang biasanya bagian internalnya meniru desain dari desain internal yang asli.

Positif lainnya dari TM CQBR BLOCK 1 ini adalah grouping yang ketat. Team redaksi mampu menembak 10 kali ke kertas sasaran dari jarak kurang lebih 12 meter outdoor dengan angin ringan. Hasilnya adalah area grouping yang sekitar 10cm saja dan semua terpusat pada tengah sasaran. Benar-benar akurat, hasil ini sulit redaksi untuk didapatkan jika menggunakan merk lain, seperti WE.

Untuk FPS-nya sangat kecil hanya sekitar 260-280FPS jika menggunakan Marui Gas, dan jika menggunakan green gas naik menjadi 320-340FPS namun performance ROFnya tidak stabil seperti pada Marui Gas. Jika menggunakan green gas ROFnya akan naik turun saat digunakan pada full auto. FPSnya termasuk sangat kecil jika dibandingkan dengan merk lain terutama dari produsen Taiwan dan RRC yang bisa sampai 360-400FPS out of the box. Namun dengan FPS yang kecil ini, jarak jangkauannya termasuk jauh dengan akurasi yang masih bagus hingga 50-60 meter.

Kesimpulannya TM CQBR BLOCK 1 adalah unit yang sangat real dengan recoil super keras, berat yang ringan, distribusi berat yang bagus, akurasi tinggi, build quality yang sangat bagus, cat finishing yang real karena menggunakan Cerakote,







No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...