20170616

Review : Bandai RG Astray Red Frame + BTF Kai Weapon System for RG

RG ini sebenarnya sudah redaksi miliki sejak Agustus 2015, yang merupakan first batch dari bandai. Sementara BTF Kai Weapon System baru redaksi dapatkan pada Februari 2017. Keduanya meski sudah lama redaksi miliki, baru saja sempat dan selesai dirakit. Berikut merupakan review keduanya.


Pertama adalah Review dari Bandai RG Astray Red Frame.
Seperti semua seri RG lainnya, meski dengan ukuran 1/144 Astray Red Frame ini memiliki detail yang sangat luar biasa. Hampir semua part yang berbeda warna sudah dibuat terpisah. detailing dengan hand brush sangat minim. Tidak ada bagian part gabungan yang memberikan kesan seam lines, sehingga tidak memerlukan dempul sama sekali untuk merakit gunpla ini. Part yang perlu dirakit juga sangat banyak dan sangat memuaskan untuk merakitnya.

RG Astray Red Frame ini seperti halnya RG lainnya, untuk inner framenya sudah pre-assembly. Namun yang membedakan RG ini dengan RG yang lain adalah artikulasinya sangat luar biasa luwes. Sangat menyenangkan sekali untuk memposekan RG Astray Red Frame ini. Posenya juga sangat alami. Team redaksi sudah mencoba berbagai pose yang sebelumnya mustahil untuk 1/144, RG ini dapat melakukannya dengan mudah. Bahkan pose-pose samurai yang kerenpun dapat diposekan pada RG ini dengan sangat alami dan luwes. Merupakan RG dengan artikulasi yang terbaik dari semua seri RG yang ada.

Untuk mendukung artikulasi pada bagian pinggang dan panggulnya, sudutnya dapat diubah sehingga membuat Astray ini dapat membungkuk dengan pose yang lebih alami. Artikulasi tangan dan kaki juga sangat luwes. Seperti RG yang lainnya, tersedia 1 pasang telapak yang jarinya sudah memiliki artikulasi. Namun bagian jempolnya mudah terlepas. Jadi perlu berhati-hati agar bagian jempol ini tidak hilang.

Sayang sekali RG ini hanya diberi 1 unit Gerbera Straight. Namun detailnya dari pedang ini sangat bagus, bahkan embos tulisan jepang pada badan pedang juga terlihat jelas. Coating chromenya juga sangat bagus. Sayang gold partnya bukan coating, namun injeksi sehingga warna goldnya tidak bagus. Seandainya Bandai memberi 2 unit dan gold partnya sudah gold coat tentunya menjadikan RG ini sempurna sekali.

Decal dari RG Astray ini juga sangat banyak dan memasangnya bisa sangat melelahkan. Bahkan lebih melelahkan daripada merakit gundamnya.

Kelemahan dari RG ini, masih sama seperti RG yang lainnya. Yaitu karena semua part sangat kecil sehingga ringkih, mudah terlepas, dan mudah patah. Terutama Antena V-nya sangat mudah patah, harap berhati-hati saat merakit bagian kepala.

Kesimpulannya RG ini merupakan RG dengan artikulasi terbaik yang sangat layak ditambahkan kedalam koleksi terutama jika anda adalah penggemar seri Gundam Seed. Minim pengecatan dengan hand brush, karena miscolor sangat minim. Perlu kehati-hatian dalam merakitnya karena banyak part kecil yang mudah patah. Score untuk gunpla ini adalah 8.9/10.

Selanjutnya adalah BTF Kai Weapon System for RG
Ini merupakan expansion part untuk RG Astray Red Frame agar dapat memiliki Kai Weapon System & 2 buah Gerbera Straight. Ini merupakan part bootleg, tentunya secara kualitas dibawah Bandai.

Pertama adalah review Gerbera Straight. Coating chrome untuk swordnya jelek, lebih tebal, dan tidak ada embos tulisan jepang pada badan pedang. Lalu semua part lebih tebal dan tidak dapat snap dengan baik. Karena part ini ditembak langsung dari Bandai, sehingga semua bagian tidak pas. Ada meleset beberapa micrometer. Membutuhkan bagian yang dipotong dan dikikir agar bisa dipasang dengan baik. Salah pemasangan dapat berakibat pedang tidak dapat dimasukkan kedalam sarungnya, atau yang lebih mengerikan adalah jika sudah masuk tidak dapat dicabut kembali.

Namun karena coatingnya jelek, jika ingin dipasang pada RG Astray sebaiknya dalam kondisi tersarungkan saja dan yang tercabut dari sarung adalah yang original Bandai.

Sekarang adalah review untuk Kai Weapon System, khas bootleg plastiknya berkesan seperti plastik ember. Keras namun getas. Agak susah snap saat dipasang, sehingga pinnya perlu sedikit dikikir. Namun karena bagian ini merupakan original BTF, bukan menembak bandai. Sehingga snapingnya lebih baik daripada bagian Gerbera Straight. Untuk bentuknya menggunakan KAI System untuk MG yang diperkecil oleh BTF dengan perhitungan skala.

Bagian yang perlu diakal adalah penghubung Kai Weapon System ke punggung Astray. Harus dikikir agar dapat dipasangkan. Lalu bagian tertentu mudah terlepas saat digerakkan. Bagian part abu-abu perlu dicat, tidak bisa sekedar ditop coat clear.

Semua transformasi Kai Weapon dapat dilakukan dengan baik, meski petunjuk dalam manual booknya sangat membingungkan. Untuk dapat diposekan dengan RG Astray Red Frame memerlukan Standing Base, karena ekspansion ini sangat berat untuk RG.

Decal sudah menggunakan water decal, namun kualitasnya tidak bagus. Perlu decal softener dan ditop coat agar tidak terkelupas. Dan sekali lagi buku petunjuk untuk pemasangan decalnya juga sangat membingungkan.

Kesimpulannya ekpansion dari BTF ini dapat membuat RG Astray Red Frame tampil lebih bagus dengan adanya Kai Weapon System seperti pada versi MG-nya. Namun merakitnya membutuhkan sedikit modifikasi dan pengalaman merakit bootleg. Jika selama ini hanya pernah merakit Gunpla dari Bandai, bisa dipastikan akan frustasi dalam merakit ekpansion set ini.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...