20180912

Event & Lomba Custom Hot wheels


Di Pakuwon Mall Surabaya pada 9 September lalu ada sebuah event yang menarik terutama bagi penggemar hot wheels di Surabaya & Jawa Timur. Terdapat sebuah event sekaligus lomba Hot Wheels. Dan untuk lombanya tidak hanya adu cepat hot wheels seperti event-event hot wheels yang sudah ada sebelumnya. Pada event ini selain adu cepat juga ada lomba custom hot wheels sebagai event lomba utamanya.

Jadi seru juga hot wheels yang selama ini identik dengan kolektor yang suka menyimpan hot wheelsnya dalam kondisi MIB.  Ternyata ada juga kolektor yang suka membuka hot wheels mereka dari dalam kemasannya dan kemudian melakukan custom, seperti menambah detail bentuk, merubah warna, & menambahkan decal, bahkan wheatering effect. Untuk yang adu cepat jika ditelusuri sebenarnya berasal dari kalangan racer Tamiya Mini4WD yang pindah haluan beberapa tahun silam saat perlombaan mini4wd sedang sepi.



Berikut ada beberapa foto yang Boys Never Grown Up sempat abadikan.







Oke bagi yang ingin membuat custom Hot Wheels ataupun custom diecast car, berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.


  1. Lepas bagian atas mobil dari chasisnya. Pokoknya bongkar semuanya sehingga bagian body mobil yang dari metal terlepas, bagian interior mobil, dan chasis.
  2. Gunakan paint remover untuk melepas semua cat yang berasa dari pabrikan. Gunakan sarung tangan karet saat menggunakan paint remover dan jangan bersentuhan langsung dengan kulit.
  3. Setelah semua cat lama terkelupas. Bersihkan dengan air mengalir hingga tidak ada sisa paint remover. Kemudian amplas body mobil untuk membersihkan sisa-sisa cat lama, sekaligus untuk mempermudah cat baru melekat. Lakukan pengamplasan dengan beberapa tingkat kekasaran. Mulai dari yang kasar hingga ke halus.
  4. Sebelum mengecat, kembali cuci body mobil hot wheels dengan air sabun. Kemudian keringkan.
  5. Berikan cat primer. Tujuannya agar cat selanjutnya mudah untuk melekat dan tidak mudah tergores.
  6. Cat sesuai warna yang diinginkan bisa menggunakan brush, spray can, maupun airbrush.
  7. Gunakan hand brush untuk detail kecil seperti lampu.

  8. Untuk detailing gunakan Water Slide Decal dari SUN Indonesia. Water Slide decal ini mudah untuk dibuat sendiri menggunakan printer inkjet yang kita miliki. Petunjuk penggunaan juga ada dibelakang kemasan. Kami sangat menyukai Water Slide Decal dari SUN Indonesia untuk custom decal mulai dari Gundam hingga Mini4WD karena kualitas yang superior & mudah digunakan dan cocok untuk custom mainan.
  9. Selanjutnya jika ingin tampil realistik dapat melakukan beberapa teknik weathering, atau jika ingin tampil clean langsung ke langkah terakhir.
  10. Berikan lapisan cat clear hingga beberapa lapis. Lakukan secara tipis untuk setiap lapisnya.
Membuat custom hot wheels tidaklah terlalu sulit bagi tangan yang terampil. Yuk berkreasi bersama. Untuk membeli Water Slide Decalnya langsung saja klik link berikut ini.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...