20190322

Gundam Model Kit Contest 2019 - Malaysia

Jika di Indonesia lebih banyak kontes-kontes lokal yang sifatnya benar-benar regional sebagai persiapan para builder mengasah kemampuannya sebelum GBWC. Dan di Singapore juga ada lokal kontes yang cukup terkenal seperti Tetsujin. Namun kontes lokal di Indonesia & Singapore tersebut bukan official competition yang disponsori oleh Bandai. 

Sedangkan Malaysia, cukup beruntung karena distributor lokal mereka mau fight agar Bandai Namco Asia mau mensponsori kompetisi lokal untuk mengasah kemampuan para builder Malaysia dalam menghadapi GBWC.


Official Competition ini tentu lebih seru donk dibandingkan dengan kompetisi lokal yang bukan official dari Bandai. Pada kompetisi lokal non official tentu saja aturannya tidak serupa dengan GBWC. Sedangkan pada kompetisi Official yang diadakan di Malaysia ini memiliki aturan yang hampir mirip dengan GBWC. Sehingga Kompetisi ini dapat dianggap  preliminary GBWC Malaysia. Meski tentunya tidak menjamin bahwa builder yang juara di kompetisi ini akan berjaya pada GBWC  2019 Malaysia nantinya. Namun dengan aturan yang mirip dan nuansa yang kurang lebih sama, akan mampu membuat para builder gunpla memiliki gambaran seperti apa sengitnya GBWC nantinya.

Untuk kriteria penilaianpun mirip dengan penilaian GBWC yaitu Painting Skill, Modification, Creativity. Sedangkan untuk kategori peserta yang sedikit berbeda dengan GBWC. Pada Gundam Model Kit Contest 2019 Malaysia ini terbagi dalam 5 kategori yaitu :
  • Open Category (usia 21 tahun keatas, kelahiran sebelum 1998)
  • Youth Category (usia 15-21 tahun, Kelahiran antara 1998 hingga 2004)
  • Junior Category ( usia 14 tahun kebawah, kelahiran sesudah 2005)
  • Gundam Build Divers Open
  • Gundam Build Divers Junior
Untuk ukuran entry-pun memiliki batasan dimensi yang sama dengan GBWC yaitu 50cm x 50cm x 50cm dan 1 orang hanya dapat memasukkan 1 entry. Yang bombastis jika kita lihat hadiahnya, contoh seperti juara 1 open kategori mendapatkan gunpla senilai MYR 2.500 yang jika dirupiahkan sekitar Rp. 8.800.000,-. Dengan nominal sebesar itu tentu bisa mendapatkan 2-3 unit PG (tergantung PG yang diberikan).

Seandainya distributor Indonesia juga mau untuk melakukan fight yang sama ke Bandai Namco Asia untuk melakukan kompetisi regional sebelum GBWC. Karena kompetisi official seperti ini jika ada di Indonesia  tentu dapat meningkatkan skill serta semangat para builder Indonesia di sebelum GBWC 2019 berlangsung.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...