20190401

Masa Depan Psycommu Di Timeline Universal Century Setelah Narrative


Gundam Narrative telah selesai tayang di Indonesia beberapa bulan lalu, jadi Boys Never Grown Up membahasnya jangan protes soal spoiler ya. Karena jika kalian benar-benar penggemar Gundam terutama dari Universal Century tentu tidak akan meluputkan kesempatan menonton di Bioskop pada bulan Februari lalu. Gundam Narrative ini tidak hanya sekedar sequel dari Gundam Unicorn, namun secara lebih dalam membahas lebih dalam mengenai Newtype & Psycommu System.

Bagi yang mengikuti Gundam terutama dari seri Universal Century tentu sudah sering mengenal mengenai Newtype, yaitu sebuah breed manusia baru hasil adaptasi dengan lingkungan di luar angkasa. Dengan memiliki kemampuan psychic alias ESP, sehingga Newtype ini dapat merasakan emosi dari manusia lain terutama dengan sesama newtype dapat saling membangun semacam mental bridge yang memungkinkan mereka untuk telepati. Bahkan tidak hanya itu, kemampuan Newtype dalam berbagai animasi Gundam juga menunjukkan berbagai kemampuan yang berbeda seperti meramal masa depan, melihat object dibalik object lain, dsbnya. Sekilas hampir mirip dengan kemampuan Jedi pada Starwars universe, dan memang Mobile Suit Gundam sedikit banyak terinspirasi dari Starwars yang ironinya adalah starwars juga terinspirasi dari film jepang yaitu seven samurai.


Kemampuan Newtype yang memiliki kekuatan pikiran melebihi manusia normal tentu memberikan keuntungan saat mereka mengendalikan Mobile Suit. Sehingga banyak pilot yang terkenal pada era universal Century adalah Newtype. Sejumlah natural born newtype yang terkenal adalah Amuro Ray, Char Aznable, & Kamile Bidan. Dalam cerita Gundam Universal Century selain natural Newtype juga ada tipe cybernetic newtype, yaitu rekayasa pada manusia normal agar memperoleh kemampuan seperti new type.

Karena keunggulan Newtype di medan peperangan sehingga pengembangan system khusus mobile suit untuk new type dikembangkan. Yaitu Psycommu System. Dengan system ini seorang newtype dapat mengontrol seluruh mobile suit dengan pikiran sehingga memungkinkan penggunaan senjata jenis baru yaitu funnel. Mobile Suit Newtype alias MSN yang terkenal tentu saja Zeong, Sazabi, Nightingale & Sinanju. Dari golongan Gundam tentu saja Nu Gundam, Hi-Nu Gundam, Gundam Unicorn, & Gundam Narrative. 

Jika dalam animasi Gundam sebelum Narrative, psycommu lebih kearah advantage seorang newtype dalam mengendalikan mobile suit melalui kekuatan pikiran. Dalam movie Gundam Narrative ini membuka sebuah lembaran baru mengenai kemampuan Psycommu & Newtype. Yaitu jiwa serta kesadaran seorang Newtype dapat berpindah kedalam Psycommu dan menjadi hidup abadi dalam sebuah mesin. Berbeda dengan EXAM yang muncul pada Blue Destiny yang memiliki batasan hanya 5 menit saja. Pada Phenex ini jiwa dari Rita ini melebur sepenuhnya dengan Psycommu System

Dengan tambahan kemampuan baru ini bahwa jiwa dapat dipindahkan ke psycommu, tentunya dapat dijadikan sebuah materi baru untuk mengembangkan cerita Gundam yang berpusat pada newtype dengan sebuah konflik baru yaitu keinginan untuk hidup abadi dari para elit baik Zeon maupun Earth Federation. Mengingat masih banyak sekali yang dapat dikembangkan dari Universal Century. Sebab dari UC 97 ke cerita gundam selanjutnya yang sudah ada saat ini yaitu UC 105 Hathaway's Flash masih banyak kekosongan yang dapat diisi dengan cerita baru. Demikian juga dari UC 105 ke UC 123 Gundam F91 tentu masih banyak sekali plot yang dapat dikembangkan diantara era ini.
Entah bagaimana kedepannya studio Sotsu Sunrise akan meramunya menjadi cerita yang menarik. 

Ending dari Gundam Narrative tetap tidak menutup kemungkinan dari lahirnya movie yang masih merupakan sequel dari Gundam Unicorn. Gundam Phenex masih tetap berfungsi secara penuh setelah final battle & bahkan kini menjadi terisi dengan 2 jiwa dari Rita Bernal & Michele Leo. Meski status genetic Michele diragukan apakah dia termasuk newtype. Namun dari Endingnya Jiwa Michele juga melebur dengan Psycommu/ Psycoframe dari Phenex. Dan skill yang ditunjukkan dalam final battle Narrative berbeda dengan skill yang ditunjukkan oleh Kamile Bidan. Belum lagi Banagher Links muncul pada akhir movie menyelamatkan Jona Basta. Dan mengingat Anaheim Electronic dalam sejarah mobile suit Gundam suka membuat prototype gundam hingga 4 unit, tidak tertutup kemungkinan munculnya Unicorn ke-4 Perfectibility (bonus Box Set Bluray Mobile Suit Gundam Unicorn) akhirnya memperoleh story resmi layaknya Phenex yang sebelumnya hanyalah mokit limited Gundam Front Tokyo.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...