20180420

New Honda Vario 2018, Gaya Futuristik Ala Anime & Japan Pop Culture


Honda baru saja nih melaunching Vario baru untuk 2018. Pembaruan yang paling terasa adalah dari segi desainnya. Dibandingkan desain lama yang seperti pesawat tempur, desain baru Vario 2018 ini seperti desain motor dalam anime-anime scifi bahkan juga ada rasa seperti motor dari serial tokusatsu. Lekuk sudut yang tajam masih seperti pada desain yang lama, berbeda dengan PCX yang menunjulkan unsur futuristik dengan lekuk yang bersudut lembut pada vario tetap mempertahankan sudut yang tajam. Tentunya ini untuk mempertahankan ciri khas dari seri Vario sebelumnya yang sudah memiliki brand yang kuat.


Yang paling menarik dari Vario 150 2018 ini tentunya adalah desainnya yang berubah cukup radikal namun tetap memiliki ciri khas dari yang lama. Perubahan yang paling terasa adalah desain headlamp depan.  Kini lampu sein dengan lampu utama terletak terpisah, mengikuti aliran desain dari Sport Bike  & PCX honda yang lampu sein terletak diatas lampu utama dengan bentuk yang seperti alis. Dengan bentuk headlamp yang baru ini bentuk wajah Vario jadi mirip dengan motor dari beberapa kamen rider. Yang berbeda tentunya dari segi warna saja, motor kamen rider cenderung gabungan beberapa warna contrast, sedangkan Vario 2018 ini tampil dalam warna monocrom yang minim striping. Bagi yang suka modif tampilan dengan tema anime motor ini cocok banget karena desainnya pada varian Vario 2018 ini bisa dibilang gayanya Jepang banget.


Lebih kerennya lagi Vario 2018 ini sudah menggunakan full LED yang tentunya lebih hemat daya serta lebih awet dari lampu konvesional. Penggunaaan lampu LED saat ini menjadi trend, dengan sudah memakai LED dari pabrikan artinya tidak perlu lagi untuk keluar uang modifikasi dari lampu konvesional ke LED. Selain itu Vario baru ini sudah menggunakan keyless ignition dengan smart key. Jadi lebih keren seperti pada PCX yang juga sudah keyless. Vario baru juga telah dilengkapi dengan alarm & juga talk back yang membantu sekali saat mencari motor diparkiran yang padat. Talk back ini sangat membantu bagi yang suka lupa posisi parkiran, terutama saat parkir di tempat umum yang padat seperti mall.


Untuk fitur mesin tidak banyak perubahan dari sebelumnya masih tetap mengandalkan mesin ESP Honda yang terbukti lebih awet. Kemudian starter ACG yang lebih halus dibandingkan sistem starter pada skutik lama honda yang seperti meledak saat starter. Stater ACG ini sangat halus hentakannya dengan suara yang lembut. Juga dilengkapi dengan CBS yaitu sistem pengereman yang langsung mengerem roda depan & belakang saat menarik tuas rem kiri. Kemudian ada ISS juga yang membuat motor mati otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan langsung menyala kembali saat digas, berguna dikemacetan dan juga traffic light yang diklaim Honda dapat membuat bbm lebih hemat hingga 7% saat digunakan diperkotaan. Semua fitur ini telah ada pada varian vario sebelumnya. Jadi dari segi fitur tidak menambahkan sesuatu yang baru kecuali keyless ignition. 


Jadi selain PCX yang mirip motor di Akira, Vario 2018 ini juga pas banget untuk diajak ke Comic Con & acara jejepangan lainnya. 

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...