20190328

Kolaborasi Gundam & Hello Kitty


Gundam & Hello Kitty merupakan 2 icon pop culture Jepang yang mendunia. Jika Gundam merupakan pop culture Jepang yang identik dengan kaum Adam, sebaliknya Hello Kitty lebih identik dengan kaum hawa. Kedua karakter ini dimiliki oleh 2 studio yang berbeda. Hello Kitty dimiliki oleh Sanrio, sedangkan Gundam dimiliki oleh Studio Sotsu Sunrise. Jadi bagi yang selama ini mengira Gundam itu adalah milik Bandai adalah salah besar ya. Bandai adalah pemilik lisence tunggal untuk merchandise & toys dari seri Gundam yang didapatkannya dari Sotsu Sunrise. Karena itu jika ada pabrikan toys lainnya memproduksi Gunpla, metal figure, figure, action figure dari seri Gundam, pihak Bandai & Sotsu Sunrise punya hak untuk melakukan penuntutan atas pelanggaran hak cipta.


Oke kembali ke kolaborasi antara Gundam & Hello Kitty ini. Kedua karakter yang sangat bertolak belakang ini ternyata memiliki usia yang hampir sama. Jadi pada tahun 2019 ini Gundam sedang merayakan ulang tahun ke 40, Karakter Hello Kitty merayakan ulang tahun ke 45. Dari kolaborasi kedua Icon Pop Culture Jepang ini berupa animasi pendek. Dari ep. 01 yang sudah tayang dan dapat dilihat  di Internet adalah Hello Kitty masuk ke dunia Gundam untuk membantu Amuro atas permintaan Haro.


Selain berupa animasi pendek, di Jepang sendiri mulai 2 April hingga 19 Mei 2019 akan ada Campaign special di Marugame Seimen dengan tema Gundam 40th & Hello Kitty 45th. Berupa bill dengan Gambar Gundam atau Hello Kitty. Kemudian juga ada promo Undian dengan hadiah Udon Dining Set bertema Gundam (50 pcs) atau Hello Kitty (50 pcs) & Original T-shirt Gundam 40th (250 pcs) atau Hello Kitty 45th (250 pcs). Untuk mengikuti undian ini dengan membeli produk Marugame senilai minimal ¥700 yen selama 2 april hingga 19 mei dan mengirimkan melalui postal dengan menggunakan amplop khusus. Sayangnya untuk promo undian & bill ini hanya berlaku di Jepang & Japan Resident only. Jadi buat visa turis tidak berlaku. T-T

Untuk promo kedua akan berlangung mulai 1 Mei hingga 6 mei 2019 di Ito Yokado Speciality Store Street yang merupakan salah satu pusat belanja di Jepang. Untuk Campaign di Ito Yokado masih belum ada kejelasan mengenai item campaign-nya. Jika melihat acara serupa yang diadakan dengan menggandeng pusat belanja seperti ini adalah item limited event sales. Tidak harus berupa mokit atau figurine, bisa juga berupa limited merchandise seperti mug dengan desain limited.

Kolaborasi antara Gundam & Hello Kitty ini tentu sangat menguntungkan bagi Gundam Series. Baik Bandai & Sotsu Sunrise, beberapa tahun terakhir ini sangat serius untuk melakukan penetrasi pasar gundam terhadap wanita. Mulai dari mengeluarkan banyak karakter pilot wanita, desain mecha yang disukai wanita, hingga untuk video Gundam Base Tokyo juga mengundang para builder wanita untuk acara live di Youtube. Hal ini secara bisnis adalah tindakan yang sangat wajar dilakukan oleh Sotsu Sunrise & Bandai, karena jika melihat data demografis penduduk Jepang saat ini jumlah wanita di Jepang secara persentasi lebih banyak daripada pria. Serta dari survey dalam 10 tahun terakhir, wanita yang menyukai dunia anime & pop culture terus meningkat. Tentunya ini dapat  menjadi pasar baru. 

Imbasnya dari dari strategi Bandai & Sotsu Sunrise tentunya juga berlaku secara global. Sehingga saat ini mulai bermunculan builder gunpla Wanita. Dan wanita yang menyukai hobby gunpla pun mulai semakin terbuka menunjukkan kesukaan mereka ini. Tentunya ini sangat bagus donk, agar komunitas gundam semakin beragam dan tidak di dominasi oleh kaum adam saja.  Dan juga membuat acara gathering lebih segar. :P

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...