20190625

Pergeseran Penggemar Gundam


Selama era 80-an hingga saat ini Gundam selalu identik dengan Gunpla. Yaitu plastik model kit yang harus dirakit terlebih dahulu. Gunpla ini tentu memberikan keasyikan tersendiri yang berbeda dengan mengkoleksi figure mecha. Penggemar Gundam selama ini tentu saja sangat menikmati proses merakit gunpla tersebut. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini ada sebuah trend baru dikalangan penggemar Gundam. Yaitu munculnya penggemar Gundam yang lebih senang terhadap produk yang sudah jadi daripada kesenangan proses merakit yang selama ini ditawarkan Gunpla.


Dulu penggemar yang suka produk sudah jadi dan siap pajang sangat mengandalkan para Comm-Worker untuk membuatkan custom Gundam siap pajang dengan desain yang unik dan detail yang lebih tinggi daripada gunpla standard. Tampaknya Bandai melihat kebiasaan sebagian konsumennya tersebut sebagai peluang bisnis.

Karenanya dalam beberapa tahun ini Bandai Spirits memproduksi lini baru dari produk Gundam mereka yaitu Metal Build. Metal Build ini berbeda dengan figure Gundam lainnya yang sudah pernah ada seperti Fix Figuration. Perbedaan yang paling mencolok adalah detail dari Metal Build ini sangat detail dan dapat memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan gundam standard. Penuh dengan gimmick yang tidak ada dalam gunpla. Finishing paint work yang bagus, artikulasi yang menawan serta karena menggunakan metal park membuat kesan yang lebih kokoh. 

Metal Build ini meski berbanderol lebih mahal tetap laku dan sangat cepat habis diborong oleh para kolektor. Terutama jika dihitung secara ekonomis, bisa jadi produk ini lebih murah daripada memesan custom gundam di para comm-worker. Namun bagi para comm-worker kondisi ini masih tetap dapat dikatakan aman, karena jumlah produk ini sangat limited sehingga tidak mengancam bisnis comm-work Gunpla. Bagi para penggemar Gunpla yang menyukai proses merakitpun produk ini tetap menarik karena memiliki detail mechanical yang tinggi dan membutuhkan skill serta waktu yang banyak jika ingin membuat gunpla dengan detail setinggi itu.


Dan baru-baru ini Bandai maju selangkah lebih jauh dalam memproduksi gundam ready to display melalui lini baru Metal Structure. Tetap dengan konsep dasar yang sama dengan metal build yaitu Gundam ready to Display yang memiliki detail tinggi dan menggunakan metal part. Namun Metal structure ini selain memiliki scale yang lebih besar yaitu 1:60 juga lebih mengesankan sebagai hasil karya seorang modeller Professional. Jadi jika Metal Build masih berkesan mass product, metal structure ini memiliki bahasa desain yang berbeda dengan Gundam yang biasa diproduksi oleh Bandai.

Dengan harga yang bombastispun, Metal Structure cukup laris manis. Untuk harga di Indonesia dari pantauan terhadap berbagai Seller adalah mematok sekitar 17,5 Juta Rupiah. Dan itupun langsung sold out dalam waktu singkat.

Meski begitu Gunpla tetap tidak akan tergantikan. Secara proporsi Gunpla Builder & Modeller tetap memiliki base mayoritas yang sangat besar dikalangan penggemar Gundam. Dan kondisi munculnya Metal Build & Metal Structure ini sangat bagus karena dapat memberikan simbiosis mutualisme dengan para modeller. Baik modeller maupun metal build & metal structure ini dapat saling menginspirasi dalam menciptakan detail & design baru untuk Gundam.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...