20180219

Review Expansion Pack RG Avalanche Exia By Effect Wing

Review ini sebenarnya sedikit terlambat karena sebenarnya Boys Never Grown Up sudah memiliki kit ini sejak november tahun lalu, namun baru sempat merakitnya minggu lalu. Kit ini merupakan expansion pack jadi tetap membutuhkan RG Exia Bandai sebagai dasarnya. Kemudian kit ini hanya avalanche part & dash part saja. Untuk desainnya sendiri sebenarnya ini meniru desain Avalanche Exia dari Dragon Momoko yang telah disederhanakan agar dapat menjadi 1/144.


Untuk detail sebenarnya cukup bagus, artikulasi juga sesuai untuk sebuah expansion pack RG. Gimmick movementnya jauh lebih bagus dari pada HG Avalanche Dash Bandai yang sangat terbatas pada dash unitnya. Untuk pergerakan dash unit dari Effect Wing ini benar-benar meniru MG Avalanche Exia Dragon Momoko. 

Untuk plastiknya masih jauh dibawah daban, apalagi dragon momoko. Namun lebih baik daripada plastik yang digunakan oleh BTF yang memproduksi expansion pack Kai armament untuk RG Astray Red Frame. Snap fitnya cukup baik meski belum mampu mendekati Bandai, namun jika dibanding BTF sangat jauh lebih baik. Detail cetaknyapun lebih baik daripada BTF namun tetap beberapa part tidak termolding dengan baik. Beberapa bagian ada miss align, kemudian ada bagian yang sedikit cekung. Tentunya kualitas mold seperti hanya ditemukan pada bootleg. Namun jika ingin memiliki Avalanche Exia dalam skala 1/144 tentunya ini adalah best alternative dibandingkan HG yang ditawarkan Bandai.

Untuk kelengkapnnya kit dari effect wing ini sudah mendapatkan water decal untuk melengkapi detail dari expansion pack Avalanche Exia ini. Total runner-nya pun cukup banyak ada total 10 runner. Dan setiap part terdiri dari beberapa part sehingga jika ingin memberikan detailing warna dapat dengan mudah dilakukan.

Kekurangan dari kit ini adalah pada warna putihnya yang terlihat kurang bagus. Kemudian tone warna birunya berbeda dengan biru tua pada RG Exia Bandai. Jika tidak direpaint akan terlihat aneh untuk warna birunya yang perbedaannya sangat menyolok. Kemudian kekurangan yang lain adalah ukuran knee armor dengan shoulder armornya sama. Jika sedikit dibedakan tentu lebih baik untuk balance proporsinya.

Kesimpulannya kit ini tidaklah terlalu bagus, namun juga tidak jelek. Secara rata-rata cukup memuaskan namun jangan berekspetasi terlalu tinggi. Skor dari Boys Never Grown Up adalah 7.2/10 untuk kit ini. Nilai plus karena banyak part yang dibuat secara terpisah serta kualitas water decalnya. Minus dari kualitas plastik dan cetaknya moldnya ada beberapa part yang terlihat cekung.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...