20171108

Gundam Expo Indonesia & GBWC Indonesia 2017


Pada tahun 2017 ini merupakan tahun yang cukup special bagi penggemar Gundam di tanah air, karena pada tahun ini merupakan pertama kalinya diadakan Gundam Expo di Indonesia. Namun disayangkan dalam Gundam Expo di Indonesia jumlah limited itemnya sangat sedikit. Seperti MG Sazabi Ver Ka Clear hanya ada 2 unit saja yang langsung ludes di menit pertama pada hari pertama. karena orang-orang (baca : jasa titip) sudah berada di lokasi kota kasablanca sejak sebelum pukul 6 pagi. Jadi untuk limited item yang populer dipastikan tidak akan dapat bagi penggemar gundam yang siangnya masih bekerja. Hal yang samapun terulang pada minggu ke-2 Gundam Expo, langsung limited item yang oleh panitia dikeluarkan setiap hari Rabu tersebut langsung habis disikat saat Kota Kasablanca dibuka.


Seharusnya pihak panitia membawa jumlah limited item lebih banyak dan dikeluar sedikit demi sedikit setiap harinya. Namun hanya dikeluarkan pas setiap hari rabu dan setelah itu tidak ada restock sama sekali. Dan dengan jumlah yang benar-benar sedikit memperparah hal tersebut (seperti MG Sazabi yang hanya ada 2 unit saja).  Yang pasti bagi penggemar gundam pada umumnya yang siangnya harus bekerja atau sekolah (karena pas hari rabu untuk kemunculan limited item), Gundam Expo Indonesia ini sangat mengecewakan. Semoga untuk tahun depan stocknya lebih manusiawi dengan sistem pengeluaran yang lebih baik. Mengingat kejadian tahun ini stock limited sudah dihabisi oleh jasa titip dan toko, karena harga limited item Gundam Expo dapat dijual jauh lebih mahal daripada harganya saat Gundam Expo.

Untuk barang yang non limited item, jumlah & ragamnya cukup banyak. Dapat ditemukan beberapa item yang saat ini sudah sulit dicari atau agak sulit dicari seperti HG KShatriya & HG Dendrobium (1/144). Pada Gundam Expo kali ini jumlah stock untuk item-item tersebut cukup melimpah. Atau jika ingin mendapatkan RG Unicorn dengan limited Cover dalam Expo ini juga bisa mendapatkan harga yang rata-rata lebih murah dibandingkan diluaran. 

Untuk sisi lain dari Gundam Expo dari event gundam lainnya adalah patung/statue gundam kali ini dibawa langsung oleh bandai. Sehingga build quality & detailnya jauh berbeda dengan statue gundam dalam event lain yang biasanya buatan lokal. Dalam Gundam Expo kali  ini ada 2 statue Gundam yang dipajang oleh panitia, sama seperti pada Gundam Expo di negara-negara lain yang menyediakan 2 statue. Pada Gundam Expo Indonesia yang dipajang adalah Strike Gundam & Astray Red Frame. Keduanya memiliki detail yang bagus sekali dan menarik pengunjung untuk berfoto bersama.

Nah Puncak dari Gundam Expo adalah Final GBWC Indonesia 2017. Jika Gundam Expo sudah dimulai sejak 25 Oktober 2017, GBWC baru dimulai pada 6 November 2017 dengan pengumpulan karya mulai 4-5 November. Ada lebih dari  seratus peserta yang terbagi dalam 4 kategori berdasarkan usia, yaitu Junior A (Hingga 10 tahun), Junior B (11-14 tahun), Open A (15-20), & Open B (21 Tahun keatas). 

Persaingan terseru terjadi pada Junior B & Open B, karena juara dari kategori ini akan memenangkan tiket menuju jepang untuk mewakili Indonesia. Sementara Junior A & Open A hanya mendapatkan Piala GBWC yang ikonik tersebut. Namun bukan berarti pada kategori A tidak ada yang luar biasa. Pada kategori A (Junior & Open) tetap banyak hasil karya builder yang menarik perhatian pengunjung yang rata-rata memang builder gundam.

Unruk Pengumuman Pemenang GBWC Indonesia 2017 akan diumumkan pada 12 November 2017 nanti yang langsung oleh juri-juri dari Jepang dengan ketua juri yang terkenal Meijin Kawaguchi sebagi CEO Event GBWC. Nantikan pengumumannya  yang akan ditulis Boys Never Grown Up


























No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...