20180321

DIY T-Shirt Team Tamiya STB

Mengikuti lomba STB, jika semua mini yonku-nya sudah memakai decal team, tool box juga sudah ada logo team. Ga seru & kurang keren kalo semua member Team tidak menggunakan seragam team yang matching. Membuat tshirt team dengan desain sendiri tidak terlalu susah, terutama untuk tshirt berwarna cerah & putih. Untuk Tshirt berwarna gelap atau hitam lebih tricky daripada tshirt yang berwarna cerah & putih. Namun menurut Boys Never Grown Up, warna-warna gelap seperti biru dongker, merah burgundy lebih cocok sebagai warna dasar untuk team tamiya dibandingkan warna putih. Tshirt warna gelap terlihat lebih macho & racing look daripada warna putih. Untuk warna cerahpun bisa jadi memerlukan teknik yang sama seperti warna gelap, misalkan kuning valentino rossi jika menggunakan bahan untuk tshirt putih hasil warnanya akan kacau.




Oke langsung saja ke bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tshirt team dengan warna dasar gelap :

  • Pertama-tama kita memerlukan tshirt yang berbahan katun. Usahakan bahannya 100% katun. 90% katun masih dapat digunakan. Namun dari percobaan kami, jika tidak 100% katun gambarnya mudah hilang.
  • Transfer paper untuk bahan tshirt gelap. Kami merekomendasikan SUN Transfer Paper Dark dibandingkan merk lain. Dari percobaan kami, kertas transfer SUN memiliki hasil transfer yang lebih cerah & detail. Hasilnyapun cukup tahan cuci terutama jika hand wash. Kami belum pernah mencobanya dengan washing machine. Namun dengan cuci tangan sudah beberapa kami cuci hasilnya masih sangat baik.
  • Komputer & printer. Komputer untuk membuat desainnya & printer untuk mencetaknya.
  • Papan Sebagai alas. Bisa menggunakan papan alas yang biasa dipakai anak-anak untuk ujian nasional.
  • Penjepit. Bisa menggunakan penjepit baju atau penjepit kertas. Yang penting mampu menjaga agar tshirt & gambarnya tidak bergeser saat dipanaskan.
  • Pemanas. Bisa menggunakan heatpress yang memang khusus untuk tshirt. Namun bagi yang tidak memiliki akses ke alat tersebut dapat menggunakan setrika rumahan.
  • Alat pemotong. Bisa menggunakan gunting ataupun cutting pen/art knife.
Jika sudah menyiapkan bahan-bahan diatas selanjutnya adalah proses pembuatannya.
  1. Pertama buat desain di komputer. Atur dengan ukuran A4 dan DPI minimal 300.
  2. Selesai membuat desain, langkah selanjutnya adalah mencetaknya menggunakan printer rumahan. Untuk bahan dark tidak perlu di mirror seperti pada bahan untuk tshirt putih.
  3. Selesai cetak potong bagian yang tidak termasuk kedalam desain. Dapat dipotong menggunakan gunting atau cutting pen.
  4. Atur tshirt pada alas papan. Usahakan serapi mungkin tidak ada kusut. lalu letakkan gambar pada posisi yang diinginkan. Lalu tutupi dengan alas yang disediakan dalam paket Transfer Paper Dark dan amankan dengan penjepit agar tidak bergeser.
  5. Atur setrika dengan panas yang tinggi. Lalu setrika dengan gerakan perlahan. Lakukan penekanan & ratakan pada semua bagian. Jika memiliki atau dapat meminjam alat heatpress pada proses ini hasilnya akan lebih bagus. Namun asal proses setrikanya telaten & rata hasilnya juga dapat bagus. Yang penting proses setrika jangan terburu-buru.
  6. Selesai setrika, diamkan dulu hingga beberapa saat dan sudah dingin baru lepas papan alasnya. Tshirt Team buatan sendiri sudah selesai.
Bagaimana prosesnya mudah kan? Ayo kita bertemu di arena lomba dengan baju team masing-masing.



No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...