20180613

Detail Update RG 1/144 The Gundam Base Limited Unicorn Gundam (Destroy Mode) Ver. TWC (Lighting Mode)

RG Unicorn Gundam Lighting Mode sejak teasernya muncul awal 2018 lalu sudah sangat menarik perhatian. Karena dengan ukuran 1/144 sudah memiliki LED yang bisa berganti warna. Setelah menanti cukup lama kepastian apakah produk tersebut akan rilis atau tidak, hingga pada bulan May lalu bandai memberikan kepastian mengenai rilis dari RG Unicorn Lighting Mode yang pernah Boys Never Grown Up bahas dalam artikel berikut ini. Akhirnya pada bulan Juni ini RG Unicorn Lighting Mode ini telah rilis sebagai produk limited yang hanya khusus di jual di Gundam Base Tokyo & Gundam Base Pop Up Event.


Dibanderol dengan harga ¥10.800 (termasuk pajak 8%) menjadikan ini adalah RG termahal saat ini. Karena saat ini sudah rilis sehingga detail yang sebelumnya masih menjadi misteri dari RG ini sudah dapat kita ketahui. Terutama sistem perkabelannya, bagi yang biasa merakit RG tentu sudah sangat paham bahwa ruang yang ada untuk bisa dipasangi led unit adalah sangat terbatas. Berbeda dengan HG yang masih memiliki banyak space kosong yang mampu dipasangi led unit & kabelnya.

Misteri lainnya yang menjadi pertanyaan pada bulan Mei lalu adalah darimana kabel power terhubung dengan RG Unicorn-nya. Kini semua misteri itu telah terjawab dengan info-info terbaru yang Boys Never Grown Up kumpulkan.


LED unit dari gambar diatas tampak kabel power terhubung melalui kaki, bukan melalui pinggang seperti pada teaser yang muncul di awal 2018. Cara ini sangat berbeda dengan led unit pada pg Unicorn. Dengan melalui kaki seperti ini membuat display menjadi lebih rapi karena tidak ada kabel yang tampak. Sebagai power menggunakan 3 buah baterai AAA. Dan pengaturannya juga mirip dengan PG Unicorn sehingga lampu tidak dapat dinyalakan terus menerus. Akan otomatis mati setelah beberapa menit.



Untuk inner frame banyak mengalami perubahan untuk tempat jalur perkabelan led unit. Kabel led unit menggunakan flexibel sehingga menjadi lebih tipis.  Dengan frame baru ini juga menyederhanakan jumlah led yang diperlukan karena akan berpendar dan menerangi beberapa bagian sekaligus. Seperti pada bagian pinggang 1 lampu untuk menerangi semua psycho frame bagian pinggang.  Perubahan inner frame ini juga membuat RG ini tidak dapat transform, hanya dapat menjadi destroy mode dan juga memiliki artikulasi yang jauh lebih terbatas. Lebih ditujukan untuk meniru pose 1:1 Gundam Unicorn di Odaiba.






No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...