20181129

2019 : Perayaan 40 Tahun Gundam


2019 nanti akan menjadi tahun yang sangat special bagi penggemar Gundam. Karena 2019 nanti akan menjadi perayaan 40 tahun franchise Gundam. Yup anime "Mobile Suit Gundam" akan berusia 40 tahun pada 2019.




Bagi yang dulu jaman kaset VHS pernah menonton animasi ini tentunya menjadi sangat nostagia sekali. Sedikit sejarah mengenai Mobile Suit Gundam. Anime Gundam tergolong revolusioner& istimewa karena yang mengawali animasi mecha untuk penonton dewasa. Animasi mecha pada era 70 an saat itu semuanya untuk anak-anak dengan alur cerita yang childish dan hanya mengedepankan aksi pertempuran robot dengan plot cerita yang tidak serius. Sedangkan Mobile Suit Gundam adalah yang pertama mengawali animasi mecha yang secara plot cerita lebih serius dan kompleks. Akibatnya tentu saja pada awalnya animasi ini sempat mengalami rating yang rendah, karena tayang pada jam anak-anak.  Sedangkan penonton dewasa menontonnya melalui rekaman video. Tentu saja anak-anak kurang menyukai Mobile Suit Gundam yang dibandingkan mecha lain seperti getter robo, mazinger, dan aneka super robot lainnya terasa kurang greget adegan pertempurannya. Namun bagi penggemar dewasa serial ini pada waktu itu adalah sesuatu yang revolusioner dengan pertempuran robot yang lebih real dan plot cerita yang kompleks menampilkan dua kubu EFFS & Zeon dimana keduanya dapat menjadi antagonis maupun protagonis tergantung sudut pandang kita dalam melihat cerita Mobile Suit Gundam ini. 

Akhir setelah sempat serial ini hampir dihentikan ditengah jalan akibat rating yang rendah, namun akhirnya dituntaskan semua episodenya. Bahkan setelah itu Mobile Suit Gundam ditayangkan kembali setelah melalui proses re-edit agar lebih menarik bagi anak-anak. Setelah itu dari 1979 hingga saat ini telah muncul berbagai animasi baik serial, OVA, & movie, serta pada media cetak juga muncul berbagai manga, novel, & novel graphic mengenai Gundam.

Bisa dikatakan Gundam yang awalnya memiliki rating rendah pada televisi, kini menjadi franchise anime mecha paling sukses sepanjang masa. Mengalahkan franchise anime mecha lainnya. Dan pada tahun depan adalah perayaan 40 tahunnya. Seperti halnya pada 2019 silam yang merupakan perayaan 30 tahun Gundam, maka pada tahun 2019 nanti kita dapat mengharapkan banyak bermunculan animasi gundam yang muncul untuk merayakan 40 tahun ini, serta berbagai gunpla limited pasti akan muncul sepanjang 2019.





Dari pihak studio Sunrise & Bandai memberikan tema bahwa perayaan 40 tahun Gundam nantinya adalah "Beyond". Karena selama 40 tahun ini Gundam & juga gunpla tentunya telah menjadi sangat besar dengan berbagai universe yang tidak lagi terbatas pada universal century saja, bahkan berbagai timeline bermunculan selama 40 tahun ini dan memperkaya Gundam itu sendiri. Karena itu tema perayaan 40 tahun ini adalah "beyond" yang artinya melampaui. Untuk pihak Sunrise telah meluncurkan 4 poster yang sesuai dengan tema ini yaitu mempertemukan berbagai franchise gundam dalam poster tersebut, seperti Mobile Suit Gundam dengan Mobile Suit Gundam Unicorn, kemudian ada pula Mobile Suit Gundam Wing yang bertemu dengan Mobile Suit Z Gundam. 

Kemudian Sotsu Sunrise juga akan merilis 5 animasi untuk 2019 nanti, mulai dari  Mobile Suit Gundam THE ORIGIN tv series, Seri Gundam Build baru (kemungkinan lanjutan dari Build Diver), SD Gundam World Sangoku Soketsuden, Gundam Reconguista in G Theatrical Movie, & Mobile Suit Gundam Hathaway's Flash.

Yang pasti sepanjang 2019 nanti akan banyak event Gundam & Gunpla tentunya sangat dinantikan. Semoga tahun depan tiba-tiba Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengadakan Gundam Dock Indonesia I. Semoga saja hal ini terjadi karena penjualan Gunpla di Indonesia sebenarnya cukup bagus. 

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...