20181127

Inspired By Yankuro, Street Mini4wd


Bagi generasi yang lahir di tahun 80-an tentu banyak yang mengenal mengenai Dash Yonkuro. Anime mengenai Mini4WD yang dulu tayang setiap hari minggu di TVRI pada era 88-89 an. Anime ini merupakan awal boomingnya Mini4WD di Indonesia. Akibat anime ini tayang di TVRI, hampir semua anak laki-laki hingga bapak-bapak menjadi mengandrungi balap Mini4WD ini. Hingga pada waktu itu yang paling ramai tentu saja lomba dengan regulasi "Speed", sebuah regulasi yang tidak masuk dalam standard internasional. Namun dengan regulasi ini menghasilkan mini4wd yang sangat kencang. Lambat laun regulasi ini ditinggalkan kemudian saat ini yang paling ramai dilombakan adalah STB & STO. 

Saat ini muncul baru lagi nih, yaitu Street Mini4WD. Berbeda dengan regulasi lainnya, street mini4wd tidak dilombakan dalam lintasan plastik yang terdiri dari 3 hingga 5 line. Namun dalam sebuah lintasan offroad dan dikendalikan dengan tongkat, jadi aturannya mirip banget dengan anime Dash Yonkuro yang booming di akhir tahun 80an tersebut.

Awal munculnya street mini 4 wd adalah di Italia, namun kini sudah ramai dimainkan juga di Indonesia terutama di beberapa kota besar yang banyak memiliki taman bermain seperti kota Surabaya. Jadi mini 4wd ini dimainkan dengan dikejar oleh racernya dengan menggunakan tongkat yang bentuknya mirip tongkat hockey. Cukup seru dan tentunya sambil berolahraga. Team redaksi Boys Never Grown Up sempat mencobanya ternyata setelah terbiasa tidak sesulit yang kami bayangkan untuk mengendalikan mini4wd dengan tongkat ini. Tetapi capeknya luar biasa, bagi yang tidak biasa running & jogging bisa menjadi sangat lelah saat memainkan street mini4wd ini. Jadi perhatikan kondisi jika sudah mulai merasa haus dan berat sebaiknya beristirahat & minum untuk menghindari dehidrasi.

Modifikasi yang biasa yang dilakukan adalah reinforce agar mini4wd lebih kuat. Motor menggunakan motor standard atau bisa juga torque motor agar tidak terlalu cepat dan dapat dikejar oleh racernya. untuk bannya juga menggunakan ban offroad seperti pada jaman Dash Yonkuro. Yang pemain lama pasti ingat pada jaman 80an jika membeli mini4wd dash 01 akan mendapatkan ban yang berbentuk paku, bukan ban halus seperti mini4wd pada saat ini. Ban paku ini memiliki resistansi yang lebih tinggi sehingga lebih lambat dibandingkan slick tire yang ada sekarang ini.

Karena ini tidak termasuk dalam perlombaan resmi sehingga banyak part modifikasi yang boleh menggunakan bootleg. Bahkan part buatan sendiripun boleh untuk digunakan. Untuk tongkatnya biasanya dibuat dari triplek 12mm-15mm atau bahan kayu lunak lainnya. Dapat dibuat sendiri atau mencarinya di toko online banyak penggerajin yang sudah membuatnya.

Street mini4wd ini seru dan cocok untuk berolahraga serta bermain bersama si kecil.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...