20190310

Gundam Universe - Lini Action Figure Gundam Baru


Action figure gundam sebenarnya bukanlah hal baru. Bandai selama ini sudah mengeluarkan beberapa beberapa lini action figure untuk Gundam. Namun semua lini tersebut memiliki entry price yang cukup mahal rata-rata berada di kisaran ¥7.000 keatas. Beberapa bahkan diatas 10.000. Harga ini tentu kurang terjangkau untuk pasar entry level. Dan akhirnya Bandai melalui sub brandnya Tamashii Nations membuat lini baru untuk action figure gundam.




Gundam Universe adalah lini baru tersebut dan akan mulai dipasarkan pada summer tahun ini secara world wide. Dan action figure baru ini agar lebih terjangkau memiliki banderol harga pada ¥3.500. Dengan harga yang dapat dikategorikan murah ini tentu saja diharapkan dapat menjangkau penggemar gundam yang tidak memiliki waktu untuk merakit gunpla. Gundam Universe ini telah full assembly dari Bandai. Jadi tinggal langsung pajang.


Namun karena lini baru ini cukup murah tentu saja berbeda dengan action figure gundam yang sudah keluar sebelumnya yang memiliki bagian metal, seperti pada metal build, gundam fix figuration. Gundam Universe ini sepenuhnya plastik. Gundam Universe juga berbeda dengan robot damashii yang juga menghadirkan action figure gundam yang benar-benar entry (harga di bawah Gundam Universe) dan non scale dengan tinggi hampir mendekati 1/144.

Gundam Universe ini memiliki scale yang berbeda dengan gundam pada umumnya karena menggunakan standard 6 inch model. Jadi tinggi nya menjadi kurang lebih 15 cm. Semuanya memilki artikulasi baru dan juga detail yang baru. Meski ini entry level dan mass product, bandai menjanjikan detail yang baik dengan sudut yang crispy, action figure yang solid dan tidak letoy.

Untuk awal akan release 3 MS terlebih dahulu. Yaitu tentu saja RX-78-2, Gundam RX-0 Unicorn, & Gundam wing. Untuk RX-78-2 banyak sekali detail baru yang ditambahkan. Perubahan dapat dilihat pada lengan dan juga side skirt. Perubahan ini tentu saja membuat RX-78-2 lebih terlihat modern dan lengannya tidak lagi seperti potongan tahu.

Untuk saat ini masih belum ada perkiraan untuk harga di Indonesia. Karena dari pengalaman selama ini untuk action figure para seller menerapkan kurs rate yang berbeda dengan Gunpla. Semoga saja harganya tidak menjadi melambung tinggi.






No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...