20180323

Tung Mung Omegamon X - Digimon Diecast


Omegamon X dari Tung Mung ini meski bukan produk bandai sebagai pemegang lisensi Digimon resmi, jadi bisa dibilang ini adalah bootleg. Namun ini merupakan action figure terbaik dari seri digimon. Secara detail & keseluruhan ini jauh lebih baik daripada produk digimon yang dikeluarkan oleh bandai. Karena ini tidak berlisensi resmi sehingga terbagi dalam 2 part box terpisah. Menurut para sellerpun mereka menerima box ini dalam 2 paket pengiriman terpisah agar tidak terkena masalah lisensi. Jadi pada box pertama yang besar part kepala & tangan kiri kanan berwarna abu-abu dan tidak berbentuk seperti kepala & lengan digimon. Part kepala & tangan terletak di box kedua yang lebih kecil. Jadi jangan kaget jika menerima 2 box dan di box besar part kepala & lengan berwarna abu-abu.

Detail baik dari part plastik maupun part logam sangat bagus. Meski ini bootleg namun kualitasnya layak diacungi jempol untuk detail cetakan. Terdapat light effect pada bazooka unit dengan led berwarna biru terang. Capenya memiliki frame kawat didalamnya sehingga bisa diposekan. Dalam paket penjualan juga mendapatkan action base yang cukup seret sehingga dapat menahan berat dari Omegamon X ini.

Oke jika tadi adalah sisi positifnya, berikutnya adalah sisi negatif dari Tung Mung Omegamon X. Meski memiliki artikulasi yang cukup poseable, namun sendi-sendinya banyak yang loose. Persendian yang loose ini tidak mampu menahan part-part logam yang cukup banyak. Jadi saat diposekan persendian pada pinggang tidak mampu menahan beban kaki. Cukup disayangkan sekali  persendian tersebut sangat loose. Namun jika mau dapat di fix menggunakan cat enamel clear, lepas semua persendian yang longgar tersebut dan kemudian pada male part joint-nya dapat diolesi dengan cat enamel clear. Setelah benar-benar kering (biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Barulah dirakit kembali, Biasanya cara ini cukup mampu mengatasi persendian yang loose. Meski bukan permanent fix, namun cukup untuk menahan pose yang kita inginkan. Jika sering mengganti pose, langkah ini perlu diulang.

Oke berikut adalah beberapa detail dari Tung Mung Omegamon X





No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...