20190214

Gundam Next Project MG Gundam NT-1 Alex Ver2.0 & RG Crossbone Gundam

Ternyata prediksi Boys Never Grown Up saat Bandai menampilkan teaser abu-abu dari kolase foto gunpla baru sebagai RG (Real Grade) adalah salah. Ternyata Gundam NT-1 Alex yang baru tersebut adalah MG (Master Grade) Ver 2.0. Dengan ini menambah jumlah gunpla MG yang diperbarui oleh bandai. Dengan Ver 2.0 ini artinya semua part adalah part baru yang dikembangkan dengan teknologi terkini yang dimiliki bandai. Berbeda dengan MG Gundam Sentinel yang juga akan memperoleh pembaruan juga yaitu Ver 1.5, yang artinya sebagian masih menggunakan part lama dan sebagian sudah diganti dengan part baru.



Selain dirubah dengan part baru yang memiliki artikulasi & detail yang lebih baik. Pada Ver 2.0 bandai juga selalu merubah sedikit pada bagian proporsi tubuh dan wajah gundam. Dari gambar diatas tampak jelas perubahan dari wajah Gundam NT-1. Pada Ver 1.0 wajahnya masihg sangat mirip dengan RX-78-2 yang tampak membulat, pada Ver 2.0 Wajah NT-1 dibuat lebih tirus dan lebih modern secara desain seakan berada pada jaman Zeta Gundam. Proporsi secara keseluruhan Ver. 2.0 juga lebih baik dan tampaknya untuk pose akan jauh lebih natural. Kemudian detail untuk thruster pada pundak juga berada part yang terpisah untuk Ver 2.0, sementara pada ver. 1.0 adalah 1 part yang harus di paint dengan warna berbeda.


Dari segi Armor juga pada ver. 2.0 mengalami perubahan yang sangat besar. Pada versi lama extra armor seakan hanya ditempelkan begitu saja. Sedangkan pada ver 2.0 akan ada frame terlebih dahulu sebelum armor dipasangkan. Tentunya ini sangat menambah detail dan realistik dari kit ini. Dengan perubahan yang sangat besar tentu saja bagi penggemar War In The Pocket ini menjadi koleksi yang wajib dimiliki. Dengan harga ¥ 5.800 (¥ 6.264 di Jepang karena termasuk tax 8%), membuat MG ini termasuk great deal.


Selanjutnya adalah Real Grade Crossbone Gundam X-1. Beberapa saat ini bandai tampaknya sangat agresif memasarkan Crossbone Gundam, selain baru saja muncul versi Metal build, juga keluar di SDCS yang merupakan lini SD gundam yang baru rilis pada pertengahan 2018 lalu. Sebelumnya Crossbone Gundam juga sudah keluar juga di HGUC, MG, MG Ver. KA, Robot Spirits, Converge, dsbnya. Namun khusus sejak akhir 2018, crossbone gundam tampak lebih dipush oleh Bandai. Melihat gelagat ini bisa jadi di dalam pipeline Sotsu Sunrise sendiri saat ini hendak membuat versi animasi dari Mobile Suit Gundam Crossbone. Karena hingga saat ini Crossbone Gundam hanya muncul pada versi manga yang saat ini sudah keluar 5 versi Manga Crossbone Gundam. Bisa jadi seperti yang dialami oleh Mobile Suit Gundam Hathaway's Flash yang sebelumnya hanya novel, sebentar lagi akan muncul animasi layar lebarnya.


Oke untuk RG Crossbone Gundam ini tampak memiliki detail yang sangat baik untuk ukuran 1/144 yang sudah menjadi ciri khas dari Grade ini. Setiap warna sudah tercetak dalam part yang terpisah, sehingga sangat indah meski straight build. Grade RG ini memang disukai oleh para straight builder karena detail yang tinggi, color separation yang sudah bagus, dari sisi builder hanya perlu panel lining & top coat saja sudah membuat lini RG menjadi tampil bagus.

RG Crossbone ini tidak jelas apakah akan memiliki rangka baru atau menggunakan rangka RG lama. Semoga saja RG ini rilis dengan rangka baru yang dikembangkan khusus untuk RG Crossbone ini seperti halnya RG Tallgeese yang memiliki rangka baru yang solid. Permasalah dengan rangka RG lama adalah letoy dan part armor yang mudah terlepas. 

RG Crossbone Gundam ini juga memiliki banyak gimmick seperti cloth yang sangat detail & Beam Saber yang khas. Dan untungnya meski memiliki banyak gimmick RG Crossbone Gundam ini memiliki harga yang murah yaitu ¥ 2.500 (¥ 2.700 di jepang, karena termasuk tax 8%) yang jika menggunakan kurs toko-toko gundam yang saat ini berada dikisaran 145 maka menjadi 362.500. Harga tersebut untuk saat ini termasuk murah, karena sejumlah HG saat ini juga berada pada kisaran harga tersebut.

No comments:

Post a Comment

Prediksi Final GBWC 2019

GBWC 2019 yang merupakan event kompetisi Gundam Official dari Bandai & Sunrise akan memasuki babak final pada 8 Desember 2019. Yang arti...